Powered By Blogger

Senin, 09 Mei 2011

Chevy: Jangan Tutup Informasi


MAKASSAR--Akses informasi di jajaran Polda Sulsel utamanya satuan reskrim dan narkoba yang terkesan masih banyak ditutupi polisi, disadari betul Kabid Humas Polda Sulsel, AKBP Chevy Achmad Sopari masih menjadi keluhan utamanya kalangan wartawan di daerah ini. Makanya, saat bertandang ke FAJAR, Chevy meminta kepada kepolisian untuk tidak menutup-nutupi informasi yang dibutuhkan wartawan.
"Apa pun kejadian, tidak boleh ditutup-tutupi. Silahkan memberikan informasi sepanjang sesuai dengan batasan yang ada. Misalnya saja menceritakan kejadian, tempat, dan waktunya. Saya kira itu harus disampaikan," kata Chevy di redaksi FAJAR serta di ruang pertemuan Direksi FAJAR, Senin, 9 Mei.
Di FAJAR, Chevy diterima Direktur Utama PT Media FAJAR, Syamsu Nur, Wakil Pemimpin Redaksi FAJAR, Faizal Syam, Koordinator Kompartemen FAJAR, Silahuddin Genda, Wakil Direktur FAJAR, Abd Haliq dan jajaran PT Media FAJAR lainnya. Dalam pertemuan itu, Chevy dan FAJAR berkomitmen untuk menjaling kerja sama yang baik antara satu sama lain.
Wartawan dan polisi kata Chevy harus saling mengisi dan memahami. Apalagi saat ini, humas di kepolisian sudah dibentuk baik di tingkat Polda, Polrestabes, maupun Polsekta. Dia pun berharap, keberadaan humas di  kepolisian ini dapat dimanfaatkan wartawan dalam mencari  atau mengakses informasi di kepolisian.
"Wartawan jangan bosan bertanya kepada humas. Kalau perlu di kejar terus. Sehingga humas yang telah dibentuk bisa menyadari kalau informasi dari dia setiap saat dibutuhkan wartawan. Sehingga dengan selalu bertanya, humas selalu menyiapkan data dan informasi yang mungkin dibutuhkan wartawan," kata Chevy.
Kendati kata dia, tidak semua informasi harus dibeberkan kepada media utamanya yang terkait dengan penyelidikan. Apalagi kalau informasi dimaksud berpotensi membuat pelaku kejahatan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti. Makanya, Chevy berharap koordinasi yang baik antara humas dan unit kepolisian lainnya bisa terjaling dengan baik, sehingga peran humas bisa  maksimal.
Direktur Utama FAJAR, Syamsu Nur saat menerima Kabid Humas Polda tersebut menyatakan bahwa, FAJAR siap menjaling kerja sama yang baik dengan kepolisian. "Saya kira FAJAR juga siap bekerja sama dengan baik dengan kepolisian," ujar Syamsu  Nur.
Dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai kemungkinan kerja sama dengan kepolisian, utamanya yang terkait langsung dengan kepentingan umum. (hamsah umar)                  
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar