Powered By Blogger

Selasa, 22 Januari 2013

Berebut 6.283.811 Suara


MAKASSAR, FAJAR--Sebanyak 6.283.811 warga Sulsel di 24 kabupaten/kota, hari ini akan menentukan gubernur periode 2013-2018. Suara warga Sulsel inilah yang akan diperebutkan tiga cagub yang bertarung.
Ketiga cagub yang berebut suara warga Sulsel yakni Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na). Untuk tampil sebagai pemenang di pilgub Sulsel, ketiga pasangan cagub ini tidak perlu meraih dukungan separuh dari jumlah pemilih di Sulsel ini.
Berdasar asumsi, pasangan cagub Sulsel yang mendapat dukungann suara antara 2-2,5 juta sudah memungkinkan memenangkan pertarungan. Apalagi kalau tingkat partisipasi pemilih di pilgub Sulsel hanya dikisaran 60-75 persen. KPU Sulsel selaku penyelenggara sebenarnya sangat berharap tingkat partisipasi pemilih pilgub Sulsel bisa semaksimal mungkin.
Berkaca pada pilgub 2007 lalu, jumlah DPT Sulsel hanya di angka 5,3 juta jiwa. Dengan jumlah DPT itu, pilgub 2007 yang juga diikuti tiga calon gubernur hanya membekukan suara sebanyak 1,4 juta untuk memastikan kemenangan yang kala itu dimenangkan Sayang.
Untuk mendapatkan suara hingga angka di atas 2 juta itu, tiga cagub Sulsel sudah memiliki strategi tersendiri. Pasangan Ilham-Aziz misalnya berharap dukungan masyarakat Sulsel banyak 2,5 juta itu tidak meleset dari jumlah Kartu Semangat Baru yang telah didistribusikan kepada masyarakat Sulsel. Inilah yang menjadi andalan IA untuk bisa merebut suara mayoritas di pencoblosan hari ini. Jumlah KSB yang didrop tim IA di 24 kabupaten/kota di Sulsel sendiri mencapai angka 3 juta lembar.
"Kalau mengacu jumlah kartu 9 IA Bebas yang kita bagi ke masyarakat, maka kita yakin IA mendapat dukungan mayoritas. Kami sangat yakin penerima kartu ini akan memilih pasangan nomor 1," kata Jubir IA, Selle KS Dalle.
Sehari menjelang pencoblosan, Ilham-Aziz tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Ilham masuk kerja sedang Aziz mengurus pesantren. Bahkan, Ilham usai berkantor, menyempatkan diri memantau persiapan TPS di Makassar. Ilham meninjau beberapa TPS seperti TPS 01 Kelurahan Maradekayya, TPS 10 Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, Jl  Monginsidi. TPS yang menggunakan gedung sekolah ini adalah tempat Ilham sekeluarga menggunakan hak pilihnya.
Ilham berbincang dengan panitia pemungutan suara terkait kesiapan penyelenggara, mulai dari distribusi kartu pemilih, kesiapan logistik, dan menanyakan jumlah wajib pilih. IA berharap partisipasi pemilih di pilgub bisa maksimal. Makanya dia mengajak warga Sulsel menggunakan hak pilihnya.
"Jangan mau diiming-imingi materi umtuk memilih kandidat tertentu karena itu adalah  pendidikan politik yang tidak bermoral," katanya.
Pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na) juga tetap melakukan aktivitasnya. Rudi kembali ke Sinjai untuk menjalankan tugas sehari-hari sebagai bupati Sinjai. Sementara Nawir tetap bersama keluarga di Pinrang.
Di hari pertama bertugas setelah cuti masa kampanye itu, Rudi melantik sejumlah pejabat eselon IV yakni lurah dan sekretaris camat (sekcam). Selain pelantikan, Rudi juga membuka musyawarah rencana pembangunan (musrembang) di Kecamatan Sinjai Timur. (hamsah umar)  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar