Powered By Blogger

Sabtu, 16 April 2011

Simpel Tapi Tetap Elegan





BANYAK konsep yang jadi pilihan atau referensi dalam melakukan modifikasi kendaraan bermotor utamanya roda empat. Model atau konsep mobil modifikasi yang dihadirkan pun sangat bergantung dari pemiliknya. Ada yang sederhana hingga sangat ektrem baik audio, interior, atau pun body kendaraan secara umum.
Kalau selama ini banyak mobil yang dimodifikasi semewah mungkin utamanya audio maupun interior, tidak untuk mobil yang satu ini. Rendra sang pemilik mobil merek Honda New Civic VITI-S keluaran 2004 ini, lebih memilih mendesain mobil miliknya dengan gaya yang simpel. Hanya sedikit perubahan atau modifikasi yang dilakukan pada kendaraan yang serba hitam ini.
Modifikasi terhadap mobil yang satu ini lebih ditekankan pada fasilitas audio, itu pun tidak terlalu mencolok. Kendati modifikasinya cukup sederhana, namun mobil modifikasi ini tetap bisa tampil elegan dan menarik dipandang mata. Apalagi kalau sekadar ingin menikmati musik. Fasilitas audio pada mobil ini cukup mampu memberikan kepuasan bagi penikmat musik.
"Mobil ini memang sengaja dirancang dengan konsep yang simpel dan elegan. Kebetulan, saya orangnya tidak suka model modifikasi yang terlalu ribet, makanya memilih yang sederhana tapi tetap elegan," ujar Rendra.  
Dengan perubahan yang tidak terlalu mencolok itu, Rendra mengaku puas dengan model mobil modifikasi miliknya saat ini. Meski tambahan fasilitas audio yang dibenamkan pada kendaraan ini cukup sederhana, namun Rendra mengaku kalau fasilitas audio mobilnya tersebut tetap berstandar kompetisi, apalagi kalau hanya dipandang dari sudut pandang kualitas produk audio yang dimiliki.
"Jadi  meski kelihatan sangat simpel, tapi kualitas audio sudah sangat sesuai untuk level kompetisi. Bahkan, mobil ini saya siapkan untuk dikompetisikan pada kontes mobil modifikasi," kata Rendra.
Beberapa komponen audio yang dianggap berkualitas yakni Subwoofer Cello, Power Cello Monoblok, dua buah kapasitor, serta beberapa fasilitas audio musik lainnya. Kendati modifikasi terhadap mobil ini terlihat sangat sederhana, biaya yang dikeluarkan untuk memodifikasi mobil di Sound Galeri ini mencapai Rp35 juta.

Jok Mbtech Motif Kerut
Kenyamanan dalam mengemudikan kendaraan roda empat, tidak lepas kualitas atau pun model jok yang dipasangkan pada mobil kita. Bahkan, komponen pelengkap mobil ini merupakan salah satu bagian penting bagi pengemudi dalam merasakan kenyamanan berkendara. Tidak heran, banyak pemilik roda empat melakukan banyak perubahan agar jok mobilnya semakin nyaman diduduki.
Mobil New Civic milik Rendra ini merupakan salah satu kendaraan yang mengutamakan kenyamanan tempat duduk. Untuk fasilitas jok ini, dia memilih model kerut. "Jok model kerut ini kan cukup tren sekarang ini. Jadi itu juga yang menjadi asalan saya memilih model berkonsep seperti ini," ujar Rendra.
Selain mengandalkan model kerut, modifikasi kendaraan yang dilakukan di Soun Galeri ini juga mementingkan setelah jok. Ya, jok pada mobil ini bisa disetel hingga kemiringan 140 derajat ke belakang. Ini tentu saja akan memberikan kenyamanan utamanya pada saat menikmati santai di atas mobil.        
Jok yang didominasi warna hitam yang terbuat dari kulit ini, menggunakan Mbtech Camaro. Untuk mempercantik jok ini, dia mengaku mengeluarkan biaya hingga Rp1,8 juta. "Model jok ini juga sangat sesuai dengan konsep yang memang saya ingin hadirkan pada mobil ini," kata Rendra. 

Sunroof Hindari Asap Rokok
Memiliki mobil yang dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) bakal menjadi masalah tersendiri, utamanya bagi anda yang termasuk perokok berat. Berada dalam kendaraan yang berfasilitas AC, sudah pasti tidak memungkinkan untuk menikmati asap rokok karena khawatir asap yang ditimbulkan rokok akan merusak AC. 
Persoalan seperti ini sudah bisa dengan mudah diatasi dengan hadirnya fasilitas sunroof yang bisa dibenamkan pada kendaraan kesayangan anda. Dengan fasilitas sunroof ini, selain bisa menghemat pemakaian AC dengan memanfaatkan pendingin alami, sunroof juga bisa berfungsi sebagai alat untuk meminimalisir asap rokok dalam kendaraan. Jik ingin merokok di dalam mobil, kita tinggal membuka sunroof. Sunroof  adalah panel di atap mobil yang dapat dioperasikan agar cahaya atau udara dapat keluar atau masuk melaluinya.
Selain itu, sunroof juga bisa memperindah tampilan mobil dari luar apalagi pada saat dibuka. "Sunroof pada dasarnya untuk mempercantik tampilan dari luarnya saja. Selain itu, saat kami sedang jalan dan mau merokok, kita tidak perlu lagi cemas karena asapnya terbuang keluar melalui sunroof ini. Sehingga ini saya anggap sangat cocok karena tetap bisa menikmati rokok sambil jalan," kata Rendra.
Meski tampilan sunroof ini cukup sederhana, dari segi biaya untuk memasang komponen ini cukup besar yakni Rp9 juta. Sunroof ini bagi Rendra, sangat mendukung untuk menikmati kesegaran selama dalam berkendara. Karena dengan sunroof ini, udara segara bisa masuk setiap saat apalagi perjalanan malam hari.
Tampilan dari luar yang tidak kalah menariknya adalah pada bagian velg mobil ini. Itu karena velg jenis ini sudah termasuk langka khususnya di Makassar. Velg ini berukuran 12 inci. (hamsah umar)
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar