Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

Hujan Pengaruhi Kemacetan Lalu Lintas


MAKASSAR, FAJAR--Kelancaran arus lalu lintas di kota Makassar beberapa pekan terakhir, selalu diwarnai kemacetan dan gangguan di beberapa titik. Salah satu penyebabnya adalah faktor musim hujan yang melanda daerah ini.
Titik jalan seperti Jalan AP Pettarani, Perintis Kemerdekaan dan sejumlah titik lainnya di Makassar yang dilandar banjir menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas di kota ini. Selain itu, kondisi pohon yang tumbang maupun sekadar patah ranting juga menjadi salah satu pemicu macetnya arus lalu lintas di kota ini.
Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Muh Hidayat Minggu, 8 Januari menjelaskan bahwa cuaca ekstrem atau musim penghujan seperti yang terjadi saat ini, sangat berpengaruh pada kelancaran arus lalu lintas. Kondisi ini diperparah karena daerah ini sudah dikenal dengan kepadatan lalu lintasnya.
"Tidak hujan saja  kemacetan di kota Makassar sudah terjadi setiap hari pada titik tertentu. Apalagi setelah memasuki musin hujan, yang memang merupakan salah satu penyebab kemacetan. Pada musim hujan ini, banyak titik jalan tergenang banjir yang bisa mengakibatkan kendaraan harus jalan pelan, belum lagi kendaraan yang mogok," kata Hidayat.
Selain banjir, pohon tumbang yang terjadi di dalam kota Makassar, juga mewarnai kemacetan lalu lintas belakangan ini. Makanya, dia berharap pohon yang ada di media jalan yang kondisinya membahayakan untuk dipangkas untuk menghindari terjadinya musibah di tengah jalan. Pada musim hujan kata dia, penyebab utama kemacetan lalu lintas adalah banjir dan pohon tumbang.
Untuk mengantisipasi persoalan itu, Hidayat mengaku telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanaman, dan sejumlah instansi terkait lainnya. "Kita sudah menyurati semua instansi mengantisipasi kondisi lalu lintas pada musim hujan, utamanya ketika terjadi banjir dan pohon tumbang," jelas Hidayat.
Makanya, Hidayat menyebut sebelum terjadi kemacetan pihaknya sudah melakukan berbagai langkah. Sementara saat terjadi kemacetan, petugas Satlantas selalu berada di lokasi melakukan pengaturan arus lalu lintas. "Begitu juga setelah penanganan pohon tumbang dan banjir selesai, kita juga tetap mengatur lalu lintas sampai kondisi normal," katanya.
Terhadap personel Satlantas, dia mengakatan bahwa pihaknya telah melengkapi petugas Lantas dengan berbagai peralatan seperti jas hujan, senter, maupun alat yang bisa digunakan melakukan pengaturan lalu lintas saat musim hujan. (hamsah umar)        
                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar