Powered By Blogger

Sabtu, 07 Januari 2012

Mesin Turbo, Gaya Mutakhir


EDITOR: HAMSAH

MEMILIKI mobil yang sudah termakan usia, namun tetap terawat sudah pasti akan memberikan kesan tersendiri, baik orang lain apalagi pemiliknya sendiri. Seperti ini juga yang dirasakan Emil, pemilik Toyota Starlet GT keluaran 1996.
Emil yang tercatat sebagai mahasiswa ini mengaku bisa tampil beda dan trendi dengan menggunakan mobil yang sudah berusia 16 tahun. Apalagi, dari segi mesin, mobil ini bisa diandalkan karena masih memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mobil sejenisnya. Apalagi, mobil ini memang memiliki mesin tipe turbo.
Kalau belakangan ini mobil jenis Starlet lebih banyak digunakan kalangan warga yang sudah tua, Emil menyebut kalau fakta itu yang mendorongnya tetap memilih menggunakan mobil jenis ini. "Kita bisa tampil beda kalau seorang pemuda menggunakan mobil tua. Selama ini kan yang banyak gunakan mobil tua adalah orang tua," kata Emil.
Pilihan Emil menggunakan mobil seusia ini masih tetap beralasan, apalagi kemampuan mesin mobil yang satu ini masih bisa diandalkan. Emil mengaku tidak ragu untuk mengebut mobil ini hingga daerah seperti Tanjung Bira ketika akan bersantai. Dari segi kecepatan, mobil ini masih bisa melaju dengan kecepatan hingga 120 km/jam.
"Meski medan yang ditempuh ke daerah  tergolong berat, namun mobil ini masih sanggup menjelajahinya, karena mesinnya masih tangguh," kata Emil.
Untuk menjaga mesin tetap mampu berkinerja maksimal dan tidak mudah rusak, Emil mengaku rutin melakukan perawatan, utamanya mengganti oli mesin sekali dalam dua bulan. Pergantian oli mesin menurutnya sangat penting dalam menjaga mesin tetap awet dan terawat.    
Selain itu, Emil juga rajin dan rutin menjaga kondisi mobilnya tetap bersih dan bebas dari debu, apalagi ketika musim penghujan seperti sekarang ini. Selain menghindari bagian mesin karatan, menjaga kebersihan mobil juga mendukung kondisi mobil tetap tampil trendi..     
Selain dari segi mesin yang cukup beralasan, tampilan luar mobil  yang satu ini juga tidak ketinggalan. Selain terawat dengan bodi tetap mengkilap, desain interior mobil ini juga cukup mendukung tampilan mobil ini tetap mutakhir atau modern. 
Lihat misalnya di bagian samping, terdapat sejumlah baut yang dipasang sebagai aksesori, ditambah beberapa stiker yang tidak monoton. Semua ini menjadikan tampilan luar dari mobil yang sudah berusia 16 tahun itu tetap trendi dan nyaman dipandang mata.
Apalagi, dari segi warna, mobil ini bisa mengingatkan kita pada mobil mewah sekelas Ferrari yang memiliki ciri khas warna merah cerah. "Dulunya warna merah tua, tapi diganti seperti warna mobil Ferrari," ucapnya.  (*)
                
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar