Powered By Blogger

Sabtu, 07 Januari 2012

Tanpa Saringan Udara


MOBIL dengan suara knalpot yang nyaring atau lebih keras dari yang pasaran, kadang menjadi pilihan tersendiri bagi sebagian kalangan. Dengan suara knalpot yang lebih keras, pemilik kendaraan merasa lebih enjoi dalam mengebuk setir mobilnya di tengah keramaian.
Mobil Starlet GT keluaran 1996 ini merupakan salah satu kendaraan yang memiliki suara knalpot lebih nyaring. Kendati mobil ini sudah termakan usia, namun kualitas mobil tidak kalah dibanding mobil keluaran setelahnya. Begitu juga dengan suaranya. Bahkan dengan suara yang nyaring ini, mobil tersebut terkesan jauh dari kesan tua.
Untuk mewujudkan kesan itu, Emin sang pemilik mobil memilih menggunakan knalpot tipe racing jenis remos. Pergantian knalpot dari standar atau pabrikan ke knalpot remos ini membuat suara yang dihasilkan mesin melalui knalpot semakin nyaring. Mendengar suara yang dihasilkan knalpot ini, kesan racing sudah terpancar atau terbayang dari mobil tersebut.
Belum lagi, mobil ini ini tidak lagi menggunakan saringan udara layaknya mobil kebanyakan. Tujuannya satu yakni agar mobil ini menghasilkan suara yang lebih nyaring. "Jadi saringan udara sudah dilepas. Pemasangan knalpot langsung di mesin," kata Emil.
Dengan tanpa saringan udara  ini, praktis suara yang dihasilkan lebih nyaring. Tidak sekadar sampai di situ, pilihan tersebut juga bisa memengaruhi akselerasi mesin kendaraan, yang bisa memicu kecepatan dan power lebih kuat. Pasalnya, tidak adanya saringan udara ini bisa memicu pembakaran mesin lebih cepat, sehingga power mesin lebih cepat dan mantap.
Di Makassar, penggunaan knalpot tipe racing dengan alasan untuk memberikan kesan suara lebih nyaring, saat ini semakin trend. Makanya, sejumlah pencinta mobil modifikasi tidak luput dari perhatian kalangan pemilik mobil. (hamsah umar)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar