Powered By Blogger

Minggu, 14 Oktober 2012

Kandidat Diharapkan Aktif Cek DPS


*Diumumkan 15 Oktober

MAKASSAR, FAJAR--Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilgub Sulsel diagendakan akan diumumkan KPU Sulsel, Senin, 15 Oktober. Masyarakat terkhusus kandidat gubernur dan timnya diharapkan berpartisipasi aktif mengecek apakah semua masyarakat yang berhak memilih sudah terdaftar atau tidak.
Begitu juga untuk memastikan apakah DPS hasil verifikasi data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), sudah akurat, valid dan sesuai yang diharapkan semua pihak atau tidak. Saat ini, KPU se-Sulsel tinggal merampungkan hasil verifikasi DP4 yang dilakukan sejak satu bulan terakhir.
Ketua Devisi Teknis Pilkada KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari berharap dengan diumumkannya DPS pada 15 Oktober nanti ini, masyarakat utamanya yang merasa sudah memiliki hak pilih untuk proaktif mengecek namanya apakah sudah terdaftar atau belum. "Kami tentu sangat mengharapkan partisipasi aktif masyarakat. Kalau memang ternyata belum terdaftar dalam DPS, silahkan melapor kepenyelenggara," imbuh Ziaur Rahman, Jumat, 12 Oktober.
Selain masyarakat umum, KPU juga berharap partisipasi langsung pemerintah untuk membantu KPU menyosialisasikan DPS yang telah ditetapkan KPU. Apalagi, aparat pemerintah dianggap lebih dekat dan mengetahui masyarakatnya hingga tingkat bawah. Paling tidak, DPS tersebut diharapkan bisa diakses masyarakat seperti di kantor lurah dan kantor pelayanan pemerintah lainnya.
Ketua KPU Bulukumba, Arum Spink yang dikonfirmasi terpisah mengakui proses pemutakhiran data pemilih di Bulukumba saat ini masih menunggu perampungan. Sama dengan KPU Sulsel, Arum Spink juga berharap keterlibatan langsung masyarakat untuk mengecek DPS yang akan diumumkan.
Sebagai langkah awal sebelum DPS tersebut diumumkan, KPU Bulukumba kata Arum Spink telah membuat imbauan kepada masyarakat melalui masjid, agar pada 15 Oktober nanti mereka sudah bisa mengecek DPS.
"Kami sudah mengirim pengumuman ke setiap masjid di Bulukumba yang intinya, minta agar masyarakat betul-betul aktif mngecek namanya yang tercantum di DPS. Kalau ternyata mereka belum terdaftar, kita beri ruang untuk mendaftarkan namanya," imbuh Arum Spink. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar