Powered By Blogger

Minggu, 21 Oktober 2012

Kandidat Launching Khusus Nomor Urut


MAKASSAR, FAJAR--Tiga pasangan cagub yang akan bertarung di Sulsel akan mencabup nomor urut, Sabtu, 20 Oktober hari ini. Ketiganya telah mempersiapkan launching nomor urut yang akan didapatkan dalam pengundian nomor urut tersebut.
Seperti diagendakan KPU Sulsel, pengundian nomor urut pasangan cagub Sulsel akan digelar di Hotel Sahid Makassar pukul 09.00 Wita. Ketiga pasangan yang akan mencabut nomor urut ini yakni Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na), Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), dan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA).
Launching khusus nomor urut untuk memperkenalkan kepada tim, partai pengusung dan masyarakat ini dilakukan secara khusus. Pasangan IA mempersiapkan launching khusus nomor urut melakukan rapat konsolidasi tim dan partai pengusung. Sosialisasi nomor melalui tim ini dilakukan pada Senin, 22 Oktober.
"Konsolidasi dengan ketua tim dan ketua-ketua partai akan digelar Senin nanti sekaligus melakukan launching nomor urut. Kegiatan ini kita lakukan secara sederhana saja. Tempatnya saja belum kita tentukan apakah di posko tim atau di hotel," kata jubir IA, Syamsu Rizal, Jumat, 19 Oktober.
Rizal menyebut, setelah pencabutan nomor hari ini, tim segera membicarakan filosofi yang tepat untuk menggambarkan karakter IA dengan nomor yang diperoleh ini. Yang pasti, pasangan ini tidak menyoal apakah urut 1, 2 atau 3.  
"Setelah kita launching di Makassar, kita juga akan menggelar launching per kabupaten. Makanya, perkenalan khusus nomor urut ini digelar secara sederhana," tambahnya.
Jubir Garuda-Na, Nasrullah Mustamin juga menyatakan akan menggelar launching khusus nomor urut Garuda-Na yang akan melibatkan tim, parpol pengusung, dan kerabat keluarga. "Tapi kita tidak mau perkenalan nomor urut ini dilakukan secara besar-besaran, karena kami tidak memiliki uang besar untuk pendanaan," kata Nasrullah.
Terkait agenda pencabutan nomor urut ini, Nasrullah menyebut Garuda-Na akan berjalan kaki dari sekretariat DPD Gerindra Sulsel di Jalan Ratulangan ke Hotel Sahid. Pencabutan nomor urut pasangan ini  dihadiri Ketua OKK DPP Gerindra, Sufmi Ahmad Dasco dan wagub DKI, Ahok.
Launching khusus nomor urut juga akan dilakukan Sayang. Cagub petahana ini bahkan akan menggelar launching di dua tempat yakni CCC dan Trans Studio. Launching menghadirkan seluruh anggota fraksi partai pengusung yang berjumlah 462 orang.
"Di CCC, kita gelar konsolidasi anggota fraksi Golkar se-Sulsel. Di sini akan dibicarakan kesepakatan bantuan moril atau pun materi anggota fraksi Golkar untuk pemenangan Sayang," kata Ketua Fraksi Golkar Sulsel, A Yagkin Padjalangi.
Di Trans Studio, konsolidasi yang melibatkan seluruh anggota fraksi partai pengusung dikoordinir oleh tim Kapal Induk. Pertemuan khusus berupa upgrading sekaligus launching nomor urut ini untuk memperkenalkan nomor urut Sayang kepada tim. Ini juga dirangkaikan dengan workshop.
"Tapi intinya, dua kegiatan yang berbeda tempat yakni CCC dan Trans Studio ini semua untuk memperkenalkan atau melaunching nomor urut Sayang," kata yagkin.
Terpisah, Syahrul Yasin Limpo tidak memberikan tempat spesial untuk nomor urut tertentu yang akan dipilih hari ini, sebagai nomor urut pasangan calon. Menurut dia, nomor apapun yang diperoleh tetap yang terbaik.
Tidak ada satu nomor yang dianggap pembawa keberuntungan. Pilihan rakyat untuk menentukan pasangan calon bukan dari nomor urutnya, melainkan kerja dan prestasi yang sudah diperlihatkan. "Saya terserah nomor apa saja, mau nomor 1, 2 atau 3," tuturnya.
Semua angka setelah pencabutan nomor urut, hari ini, bisa saja dianggap nomor hoki oleh ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu. Bila dia memperoleh angka satu, dapat dianggap memang layak menjadi orang nomor satu di Sulsel.
Begitu juga dengan nomor dua, dapat dianggap sebagai tanda kembali menakhodai Sulsel untuk periode kedua. Sementara bila mendapatkan nomor tiga, dapat dijadikan pembenaran kembali mendapatkan nomor keberuntungan seperti yang diperoleh di pilgub 2007 lalu dan mengantar meraih kemenangan.
Anggota KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari berharap komitmen tiga kandidat untuk tidak mengerahkan massa ditepati, atau sekadar menghadirkan pendukung sebanyak 50 orang. "Kalau dari tim kan kita hanya undang 50 orang. Adapun undangan umum seperti ketua-ketua KPU, panwaslu dan undangan lainnya berkisar 150 orang," kata Ziaur Rahman. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar