Powered By Blogger

Sabtu, 12 November 2011

Full Elektrik, Dilengkapi Bluetooth


KENDARAAN dengan sistem kontrol elektrik serta fasilitas MP3, radio hingga bluetooth menjadi tidak asing lagi pada mobil. Namun untuk sepeda motor, fasilitas tersebut terbilang masih langka dan hanya dimiliki kalangan tertentu.
Sepeda motor Honda Goldwing bermesin 1800 cc merupakan salah satu motor yang memiliki fasilitas tersebut. Motor keluaran 2010 milik Lhae ini memiliki sistem kontrol full elektrik. Mulai dari pengaturan tinggi rendahnya motor hingga pengaturan jarak sorot lampu seperti rendah atau tingginya. 
"Untuk suspensi ketinggian dan kelembutan bisa diatur. Boleh disesuaikan dengan rider. Kalau ridernya sedikit pendek bisa diturunkan begitu juga sebaliknya. Pengaturan ini  sistem otomatis sehingga sangat mudah digunakan," kata Lhae.
Kendaraan yang memiliki berat sekitar 300 kilogram ini, tentu sangat sulit jika harus mundur saat di parkiran. Namun tidak perlu berpikir motor ini harus dimundurkan secara manual sebagaimana sepeda motor kebanyakan. Soalnya, motor ini juga dilengkapi sistem elektrik yang bisa membuat motor ini berjalan mundur layaknya mobil.
Dari segi audio, motor ini juga bisa menampilkan kemewahannya. Itu karena dilengkapi dengan radio, VCD, MP3 hingga speaker anti air. Uniknya, fasilitas audio ini bisa disetel apakah dinikmati sendiri atau untuk orang yang ada di sekitarnya juga bisa.
"Jadi bisa disetel yang  mendengar musiknya sekadar pengendara dan boncengannya. Bisa juga didengar oleh orang di sekitarnya. Sehingga penggunaan audionya disesuaikan dengan kondisi yang ada," kata Lhae.
Suara radio, VCD maupun MP3 yang dimiliki  motor ini juga bisa didengar melalui helm. Maklum, motor ini  memiliki helm khusus yang dilengkapi dengan bluetooth. Bahkan, helm ini bisa dipakai berkomunikasi antara pengendara yang membonceng atau yang dibonceng. 
Fasilitas lain yang cukup memberikan kesan mewah adalah bagasi yang ada di samping dan belakang. Bagasi ini juga ternyata menggunakan sistem elektrik sehingga untuk proses tutup buka bagasi menggunakan remote control. "Pokoknya, nyaris semua fasilitas yang ada di motor ini menggunakan sistem elektrik. Sehingga dengan sendirinya kita tidak terlalu direpotkan.
Bicara soal harga, Lhae menyebutkan kalau motor ini berkisar Rp675 juta. Kendaraan ini memiliki enam silinder tiga berada di sisi kanan serta tiga lainnya di sisi kiri. Dari segi mesin, motor ini mirip mesin mobil Volkswagen (VW). (hamsah umar)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar