Powered By Blogger

Selasa, 02 Agustus 2011

Hasil Penelitian Diserahkan ke Wali Kota


*Kasus Kebakaran Makassar Mall

MAKASSAR--Tim ahli Fakultas Teknik Sipil Unhas yang melakukan penelitian bangunan fisik Makassar Mall pascakebakaran, memastikan akan melaporkan hasil penelitiannya ke Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin pekan depan. 
Salah seorang tim ahli Unhas, Prof Caronge yang dikonfirmasi Selasa, 2 Agustus menjelaskan bahwa proses pengambilan data atau analisa lapangan saat ini sudah mencapai 90 persen. Sementara untuk analisa struktur bangunan melalui laboratorium, tim yang melibatkan sedikitnya 30 orang tenaga serta sembilan tim ahli ini sudah mencapai 50 persen.
"Jadi hasil penelitian yang kita lakukan di Makassar Mall rencananya kita serahkan ke Wali Kota minggu depan, soal bagaimana hasilnya, kita akan sampaikan setelah kita menyampaikan hasilnya kepada wali kota," kata Caronge.
Dia menyebutkan bahwa tim ahli sebenarnya sudah memiliki sedikit gambaran mengenai tingkat kelayakan struktur bangunan Makassar Mall saat ini, namun tim tidak ingin membeberkan lebih awal sebelum melaporkan hasil penelitiannya kepada Pemkot Makassar. "Kita serahkan dulu hasilnya kepada pemerintah, nanti kalau sudah diserahkan terserah wali kota apa langkah yang dilakukan," kata Caronge.
Proses penelitian laboratorium yang saat ini dilakukan tim ahli tambah Caronge, lebih kepada simulasi kekuatan struktur bangunan berdasar data dan penelitian yang dilakukan selama tiga pekan terakhir. "Apakah simulasi berdasar data yang kita peroleh ini, masih memungkinkan untuk dimanfaatkan gedung itu atau bagaimana," kata Caronge.
Caronge menambahkan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan penelitian di lapangan, utamanya penelitian core drill dengan melakukan  pengeboran beton bangunan. Pengambilan data ini merupakan penelitian paling akhir terhadap kondisi bangunan Makassar Mall setelah dilanda kebakaran hebat satu bulan lalu. (hamsah umar)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar