Powered By Blogger

Rabu, 24 Agustus 2011

Tingkatkan Sinergi TNI-Polri


MAKASSAR--Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kapolri, Jenderal Timur Pradopo melakukan pengarahan terhadap perwira TNI dan Polri di Gedung Manunggul Muh Yusuf, Rabu, 24 Agustus. Keduanya menegaskan bahwa sinergi antara TNI dan kepolisian harus lebih ditingkatkan, guna mengoptimalkan kekuatan dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.
Menurut Agus, jika kedua kekuatan negara yakni TNI dan Polri disinergikan dengan baik, dipastikan akan mewujudkan kekuatan yang lebih baik utamanya dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Makanya, dia berharap kapolri dan jajarannya melakukan upaya lebih baik lagi dalam meningkatkan sinergi antara kepolisian dan TNI.
"Kalau dua kekuatan ini (TNI-Polri) disinergikan dengan baik, ini akan menghasilkan kekuatan yang sangat baik, sehingga hal-hal yang sifatnya mengganggu ketertiban, b isa kita atasi bersama," kata Agus Suhartono.
Dia menambahkan, TNI dan Polri harus mengubah paradigma yang ada selama ini. Misalnya saja ketika terjadi persoalan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. TNI selama ini kata dia, sekadar melakukan pembantuan terhadap polri dalam  melaksanakan tugas pengamanan. Sementara dari pihak kepolisian, kadang masih enggan meminta bantuan kepada TNI ketiga berhadapan dengan masalah di tengah masyarakat.
"Ini yang perlu kita pahami bersama, bahwa meminta bantuan kepada TNI bukan berarti Polri tidak mampu menyelesaikan masalah yang ada. Tapi ini dimaksudkan untuk memperkuat atau mengoptimalkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat," kata Agus.
Makanya, dia menegaskan, sinergi antara kepolisian dan TNI, masih perlu ditata dengan baik agar terjaling koordinasi yang lebih baik, guna bersama-sama menciptakan keamanan di tengah masyarakat. Sementara mengenai intelijen, Agus menegaskan bahwa tugas atau kerja intelijen  bukan untuk politik, namun semata-mata untuk mendukung kelancaran tugas-tugas TNI.
Sementara Kapolri, Jenderal Timur Pradopo juga menegaskan bahwa masalah sinergitas antara semua pihak baik TNI dan Polri merupakan salah satu poin penting dalam rangka menyukseskan pembangunan di segala bidang. "Untuk menjaga keamanan secara bersama, Polri dan TNI memang harus bersinergi, tanpa adanya sinergi yang baik, maka kita akan sulit untuk mewujudkan harapan ada," kata Timur.
Bahkan kapolri menegaskan bahwa sinergitas antara semua pihak menjadi salah satu masalah penting yang harus diperhatikan, guna mewujudkan pembangunan yang maju, adil, dan makmur pada berbagai sektor kehidupan. (hamsah umar)                      
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar