Powered By Blogger

Kamis, 25 Agustus 2011

Polres Perketat Pengamanan Pelabuhan


MAKASSAR--Aktivitas mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar beberapa hari jelang Idulfitri semakin meningkat, baik yang berangkat maupun yang tiba. Kondisi itu memaksa jajaran Polres Pelabuhan meningkatkan pengamanan di pelabuhan tersebut.
Kapolres Pelabuhan, AKBP Audy AH Manus yang dikonfirmasi Kamis, 25 Agustus menjelaskan bahwa pengamanan di Pelabuhan itu dilakukan untuk meminimalisir potensi kriminalitas di wilayah pelabuhan. Pasalnya, dengan peningkatan aktivitas di pelabuhan, tidak tertutup kemungkinan terjadi aksi kriminal yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.
"Untuk mengantisipasi kriminalitas yang mungkin terjadi, kita telah mendirikan posko pengamanan di sekitar pelabuhan. Selain itu, jumlah personil yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan juga ditingkatkan dari biasanya," kata Audy.
Kalau selama ini pengamanan areal pelabuhan sepenuhnya dilakukan Polsekta Soekarno Hatta, saat ini petugas yang dilibatkan di pelabuhan merupakan gabungan dari sejumlah Polsekta di jajaran Polres Pelabuhan. Jumlah personil yang dilibatkan mencapai 30 orang. Petugas ini kata Audy, khusus bertugas mengamankan arus pergi dan tiba di pelabuhan. "Sehingga, baik pada saat penumpang naik ke kapal situasinya tetap lancar, begitu juga pada saat turun dari kapal," kata Audy.
Selain mengandalkan petugas kepolisian yang dibentuk Polres Pelabuhan, Audy menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan koordinasi yang baik dengan petugas keamanan di pelabuhan sendiri. Sehingga dengan sinergi yang baik ini, kinerja petugas dalam mengamankan arus mudik bisa berjalan dengan baik.
Selain peningkatan pengamanan di Pelabuhan, Audy juga menegaskan bahwa peningkatan pengamanan juga dilakukan di sekitar MTC serta Pasar Sentral. Di tiga titik ini, Audy menyebut bahwa semuanya berpotensi menimbulkan kerawanan aksi kriminalita. (hamsah umar)    
   
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar