Powered By Blogger

Senin, 23 April 2012

IA Janji Gratiskan Sertifikat Tanah

MAKASSAR, FAJAR--Pasangan calon gubernur Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar mulai intens bicara janji di pilgub Sulsel. Selain pendidikan gratis untuk SMA, IA juga menjanjikan pengurusan sertifikat tanah secara gratis.
    Janji IA ini cukup beralasan karena di Sulsel masih banyak petani yang belum membuatkan sertifikat tanah utamanya lahan pertanian mereka karena faktor biaya. Pertimbangan lain sehingga pengurusan sertifikat tanah cuma-cuma untuk memudahkan petani mengembangkan permodalan dengan memanfaatkan sertifikat tanah.
    Program sertifikasi tanah gratis ini diungkapkan Ilham saat silaturahmi dengan petani di Desa Guaria, Kecamatan Lalabata Soppeng, Minggu, 22 April. "Sertifikasi tanah gratis ini untuk memudahkan petani mengembangkan usaha lewat fasilitas kredit perbankan, karena ada agunan berbentuk," kata Ilham.
    Oleh masyarakat Soppeng, Ilham disambuat antusias. Ilham Bahkan sempat mengalungkan selendang bertuliskan Ilham-Aziz for Sulsel kepada 10 tokoh masyarakat.
    Mantan carateker Wali Kota Parepare, Andi Sulham Hasan yang mendampingi Ilham di daerah ini berharap petani Soppeng tidak takut intimidasi dan ancaman dari pihak tertentu utamanya yang bisa mempengaruhi pilihan di pilgub. Ini diungkapkan Sulhan karena di desa tertentu petani diintimidasi tidak akan diberi bibit pertanian kalau tidak memilih cagub tertentu.
    "Padahal, kalau memang mau membagikan bibit,  kenapa tidak dari tiga atau empat tahun lalu, kenapa baru saat ini bibitnya dijanjikan,  itupun diiringi dengan ancaman. Di era Amin Syam bibit padi dibagi setiap tahun," sesal Sulham di Kampung Lawara, Desa Pattojo, Lalabata, Soppeng.
    Karena itu, saatnya petani di Soppeng bersatu untuk melawan intimidasi. Memilih figur yang memberikan perhatian terhadap petani dan sarjana pertanian. "Igatona pale kutania pada idi to ugi'e (siapa lagi kalau bukan kita sesama Bugis)," kata Sulham. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar