Powered By Blogger

Senin, 23 April 2012

Koalisi Nonparlemen Bulat ke IA

MAKASSAR, FAJAR--Kemana koalisi nonparlemen akan berlabuh di pilgub Sulsel mulai terjawab. Gabungan partai yang terdiri dari 22 parpol ini dipastikan akan bulat mendukung pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA).
    Kepastian ini setelah menyoritas parpol yang tergabung dalam koalisi nonparlemen sudah mengantongi rekomendasi DPP masing-masing untuk mendukung IA.  Setidaknya, hingga saat ini sudah ada sepuluh parpol yang sudah mengantongi rekomendasi yang menyatakan dukungan kepada pasangan Semangat Baru.
    Partai yang telah mengantongi rekomendasi DPP mendukung IA ini antara lain PKPB, PSI, PIB, PDP, PNIM, PPPI, PPNUI, PPRN, Pelopor, dan Barnas. Sementara beberapa partai lainnya seperti Partai Kedaulatan, Merdeka, dan PPD sementara dalam proses. Namun dukungan partai nonparlemen ini kemungkinan tidak semua dirangkul IA. Pasalnya beberapa partai dikabarkan kepengurusannya sedang vakum bahkan ada yang dualisme.
    Koordinator Koalisi Nonparlemen, Saelan Moka yang dikonfirmasi menyatakan koalisi nonparlemen untuk pilgub 2013 memastikan dukungan ke IA. "Sudah bisa dikatakan pasti dukung Ilham-Aziz, karena sudah hampir separuh dari partai koalisi ini sudah mendapat rekomendasi DPP untuk mendukung pasangan ini," kata Saelan, Minggu, 22 April.
    Dengan fakta ini, gabungan partai ini merencanakan pekan ini akan mengumumkan atau mendeklarasikan secara resmi dukungan ke Ilham-Aziz. Adapun berapa banyak partai yang memastikan dukungan akan diumumkan kemudian.  Belum lama ini, koalisi dan tim IA kembali melakukan pertemuan untuk membicarakan masalah dukungan partai ini di pilgub. "Kita harap minggu depan sudah kita umumkan dukungan resmi," tambah Ketua DPW PIB Sulsel ini.
    Ketua Devisi Komunikasi dan Publikasi DPD Demokrat Sulsel, Syamsu Rizal yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kalau sepuluh partai yang tergabung di koalisi nonparlemen sudah memiliki rekomendasi mendukung IA. "Tiga sementara dalam proses yakni Kedaultan, PPD, dan Partai Merdeka," kata Syamsu Rizal.
    Upaya IA menggalang dukungan parpol nonparlemen sebenarnya bukan karena cagub ini belum bisa mengusung calon di pilgub, tapi lebih kepada upaya merangkul semua partai politik di Sulsel sebagai bagian dari kekuatan geopolitik. "Yang lebih penting adalah bagaimana Ilham-Aziz menghormati partai kecil dengan merangkulnya. Kenapa tim kita ibaratkan rumah rakyat karena kita ingin ajak semua pihak masuk di rumah rakyat. Itulah makna rumah rakyat semua bisa bergabung," tandas Syamsu Rizal. (hamsah umar)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar