Powered By Blogger

Kamis, 30 Juni 2011

Korban Kebakaran Beralih ke Pasar Butung


MAKASSAR--Seratusan pedagang Makassar Mall yang menjadi korban kebakaran, mulai mencari alternatif lain untuk menentukan masa depan usahanya. Sambil menunggu relokasi sementara yang dilakukan pemerintah, pedagang juga mulai mencari tempat di Pusat Grosir Butung (PGB). Mereka siap pindah ketika mereka tidak mendapat kios darurat yang akan disediakan pemerintah.
Para pedagang korban kebakaran itu bahkan sudah mulai mengajukan permohonan dan negosiasi dengan pengelola sejak hari pertama kebakaran terjadi. Bahkan informasi yang diperoleh, jumlah pedagang Makassar Mall yang sudah mendaftar sudah berkisar 160 orang, hingga Kamis, 30 Juni.
Manajer Pusat Grosir Butung, Mustafa yang ditemui menjelaskan bahwa pengelola PGB siap saja menampung pedagang Makassar Mall sepanjang mereka membutuhkannya. "Kita siap menampung mereka. Intinya kami sesama pedagang siap menolong sesama pedagang apalagi dalam kondisi sekarang ini," ujar Mustafa.
Di PGB, masih membutuhkan ratusan pedagang untuk mengisi tempat yang belum terjual atau belum disewakan. Untuk lantai III dan IV misalnya, seluruhnya belum terisi, apalagi dua lantai ini masih harus dituntaskan pengerjaannya atau renovasinya pascakebakaran beberapa waktu lalu. Bahkan di lantai II, proses renovasi hingga saat ini juga masih berlangsung.
Jumlah pedagang yang bisa ditampung setiap lantai kata Mustafa berkisar 114 orang. Meski proses renovasi masih berlangsung, Mustafa menjelaskan bahwa beberapa kios sudah ada yang bisa langsung ditempati.
Beberapa pedagang yang ditemui saat mengajukan permohonan di Pusat Grosir Butung mengatakan memilih mencari tempat di lokasi ini, sambil menunggu kepastian dari pemerintah. "Dari pada menunggu terus, lebih baik kita mencari tempat di sini, karena tempat penampungan sementara juga belum ada," ujar salah seorang pedagang yang merahasiakan identitasnya. (hamsah umar)                
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar