Powered By Blogger

Minggu, 12 Juni 2011

Polisi Tempuh Cara Persuasif



*Tertibkan Terminal Bayangan

MAKASSAR--Keberadaan terminal bayangan di Jalan Perintis Kemerdekaan utamanya di depan AURI, menjadi program serius Kasat Lantas Polrestabes Makassar yang baru, AKBP Muh Hidayat. Pengganti AKBP Lamazi ini menegaskan akan melanjutkan upaya penertiban terminal bayangan dari sikap tidak patuh sopir angkutan umum di wilayah ini.
Untuk tahap awal, Hidayat menyebutkan bahwa langkah yang dilakukan dalam rangka  penertiban terminal bayangan ini dilakukan dengan cara persuasif. Cara seperti ini menurut dia, diharapkan bisa melahirkan kesadaran pengemudi angkutan umum untuk tidak melakukan bongkar muat penumpang selain di dalam terminal.
"Langkah persuasif  ini kita kedepankan pendekatan kepada para sopir angkutan daerah. Kalau ada yang kita temukan melakukan bongkar muat penumpang, kita tidak tindaki dulu, tapi kita berikan penjelasan. Kalau pun ada yang terpaksa ditilang, mungkin hanya sampai 25 persen," kata Hidayat.    
Hidayat menyebutkan, dalam melakukan penertiban terhadap terminal bayangan ini, polisi akan tetap melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan atau pihak terkait lainnya. Pelibatan Dinas Perhubungan ini karena instansi tersebut merupakan pihak yang paling bertanggung jawab dalam menyikapi masalah transportasi di daerah ini.
Kendati dilakukan secara persuasif, cara itu tidak dilakukan selamanya namun hanya hingga 21 Juni mendatang. Jika langkah persuasif telah dilakukan, namun angkutan tetap membandel, polisi baru akan melakukan tindakan tegas termasuk melakukan tilang kepada sopir yang melakukan pelanggaran.
Hidayat adalah Kasat Lantas Polrestabes Makassar yang baru saja dilantik Jumat pekan lalu. Hidayat yang sebelumnya bertugas di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel ini menggantikan, Kasat Lantas yang lama, AKBP Lamazi. (sah)                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar