Powered By Blogger

Sabtu, 11 Juni 2011

Modifikasi Unik Ala Jepang

KECENDERUNGAN pengguna kendaraan untuk melakukan modifikasi mobil menjadi trend tersendiri di kalangan warga. Desain atau konsep modifikasi yang dilakukan pun beragam, bergantung selesai pemilik kendaraan itu sendiri. Ada yang berdesain sport, elegan, mini bar, hingga desain ekstrim sekalipun.
Namun modifikasi mobil Honda Jazz keluaran 2008 ini, pemilik mobil memilih konsep Japanese Domestic Market (JDM). Modifikasi ala Jepang ini lebih  fokus pada tampilan simpel standar, namun sangat menyiratkan kemewahan dari konsep modifikasi ala Jepang tersebut, sehingga modifikasinya tidak terlalu ekstrem.
Harianto Gosali, pemilik mobil ini menyebutkan bahwa konsep modifikasi JDM juga cenderung modifikasi dengan aliran racing look dengan gaya negeri Jepang. "Jadi JDM itu tampilannya standar, tapi perubahan yang dilakukan langsung terlihat. Kebanyakan dari konsep ini mengutamakan kreativitas," kata Harianto.
Modifikasi mobil ala Jepang ini memadukang desain interior dan eksterior, sehingga tidak hanya bagian interior seperti jok, audio, plafon, dan lainnya yang menjadi perhatian, tapi juga bagian luarnya. Inilah kenapa modifikasi dengan konsep ini bisa terlihat begitu melihat mobil tersebut. Pada eksterior misalnya, dilakukan perubahan pada pelek, bodi kit, stiker bodi, dan desain bodi lainnya.   
Dari segi warna, konsep modifikasi ala Jepang ini lebih kepada warna solid atau satu warna saja. Sekalipu ada warna lain, hanya sebatas penghias misalnya warna karbon kevlar untuk menonjolkan kesan mahal dan racing. Pada konsep ini, tidak ada warna krom atau kombinasi pada style JDM.
Untuk pilihan pelek, konsep JDM selalu mengkontraskan dengan warna bagian atas atau bodi. Untuk warna pelek ini, sangat bergantung dengan selera pemilik mobil.
Karena lebih mengutamakan satu pilihan warna, desain mobil ini memang terlihat sangat sederhana, namun tetap memperlihatkan kemewahannya. Pemasangan kain berbulu, atau mini bar menjadi hal yang dihindari. Itu karena desain mobil yang satu ini didesain sesederhana mungkin dengan menonjolkan kemewahan.     
Karena memang konsepnya memadukan interior dan eksterior serta mengandalkan kreativitas, penambahan stiker menjadi salah satu identitas aliran JDM.  Stiker yang sekaligus menjadi simbol kreativitas ini  mewakili kemewahan asesoris yang dipakainya. "Kreativitas dalam melakukan modifikasi menjadi ciri khas dalam memodifikasi mobil dengan konsep JDM," ujar Harianto yang juga pemilik bengkel modifikasi, HAR Auto.  (hamsah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar