Powered By Blogger

Rabu, 15 Juni 2011

Pizza Ria Cafe Curi PDAM


MAKASSAR--Pizza Ria Cafe yang terletak di Jalan Boulevard Makassar, dilapor mencuri air bersih oleh PDAM Wilayah III Makassar ke Polsekta Panakkukang, Rabu, 15 Juni. Ironisnya, tindakan pencurian air yang digunakan untuk mengoperasikan usaha makanan tersebut sudah berlangsung sejak 2004 lalu atau selama 80 bulan. 
Akibat pencurian air yang dilakukan Pizza Ria Cafe itu, PDAM mengaku menderita kerugian hingga Rp196 juta, termasuk denda sebelum memutuskan langganan PDAM sekitar Rp12 juta. Kasus pencurian air oleh usaha rumah makan ini ditemukan pihak PDAM pada 1 April lalu. Saat itu, PDAM langsung melakukan pemutusan sambungan ilegal yang dilakukan di rumah makan tersebut.
Meski sudah ketahuan mencuri air bersih, Pizza Ria Kafe lagi-lagi melakukan penyambungan secara ilegal. Petugas PDAM kembali menemukan dan memutuskan sambungan ilegal tersebut pada 24 Mei lalu. Pihak PDAM sudah berusaha menempuh jalan kekeluargaan dan meminta Pizza Ria Kafe membayar kerugian PDAM sebagai bentuk denda pelanggaran dan pencurian air, namun tidak ditanggapi sehingga dilaporkan ke polisi kemarin.
Staf Teknik PDAM Wilayah III Makassar, Zainuddin yang melaporkan kasus pencurian air bersih itu menjelaskan bahwa, Pizza Ria Kafe tercatat sebagai pelanggan non aktif pada 1 April 2004 silam. Diduga sejak diputus aliran air bersih di lokasi itu, pihak terkait melakukan pemasangan pipa secara ilegal. Makanya, PDAM menghitung pencurian air berlangsung hingga 80 bulan.
Sebelumnya, Pizza Ria Kafe tercatat sebagai pelanggan PDAM dengan nomor 199206277 atas nama Hartono Horaz, namun kemudian dinyatakan non aktif sejak 2004. 
Zainuddin menyebutkan, sejak dinyatakan non aktif itu, PDAM melakukan survei dan pengujian laboratorium terhadap air yang digunakan di Pizza Ria Kafe. Hasilnya ditemukan kalau usaha rumah makan itu menggunakan air bersih PDAM. Dari situ PDAM  melakukan pengecekan dan penggalian. Hasilnya, pihak PDAM menemukan sambungan langsung.
"2011 ini, kita sebenarnya sudah putus sambungan ilegal itu selama dua kali. Pertama pada 1 April. Karena disambung lagi, kita kembali memutus pada 24 Mei. Inilah yang kemudian kita laporkan ke polisi," kata Zainuddin.
Informasi yang diperoleh dari  petugas PDAM yang datang ke Polsekta Panakkukang kemarin, selain Pizza Ria Kafe, masih ada perusahaan lain yang diketahui mencuri air bersih. Satu rumah makan di Jalan Pengayoman dan satu lainnya adalah show room mobil di Jalan Ance dg Ngoyo.   
Manajer Pizza Ria Kafe, Arman  yang dikonfirmasi mengaku tidak tahu menahu soal pencurian air bersih tersebut. Dia berdalih ada penanggung jawab khusus yang menangani menganai hal itu. "Saya tidak mengerti soal itu, saya cuma bertanggung jawab pada pelayanan konsumen," kata Arman.
Bahkan saat ditanya air yang digunakan Pizza Ria Kafe dalam menjalankan usahanya, Arman lagi-lagi berdalih tidak tahu. Termasuk tidak tahu apakah menggunakan air bersih PDAm atau menggunakan sumur bor. Kasus dugaan pencurian air bersih PDAM ini saat ini diselidiki pihak Polsekta  Panakkukang  (hamsah umar)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar