Powered By Blogger

Selasa, 04 September 2012

Debat Cagub Unhas "Batal"


MAKASSAR, FAJAR--Harapan publik Sulsel utamanya akademisi di Unhas menyaksikan tiga cagub Sulsel berada visi batal. Unhas yang berencana menggelar debat kandidat gubernur urung dilakukan.
Para tokoh di Unhas bermaksud menggelar debat cagub Sulsel sebagai agenda istimewa dalam rangka dies natalis ke-56 yang puncaknya Minggu, 9 September. Panitia tadinya mengagendakan debat cagub pada 14 September mendatang. Debat cagub ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan visi kandidat membangun Sulsel ke depan.
Debat Cagub yang digagas Unhas dalam rangka memeriahkan dies natalis ini akan mengundang pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar, dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na). Panitia debat juga sudah menyiapkan pakar politik, kenegaraan, dan ekonomi untuk menyorot visi kandidat tersebut.
Penanggung jawab debat, Johansyah Mansyur mengungkap panitia sudah membangun komunikasi dengan ketika kandidat cagub Sulsel tersebut. Namun karena khawatir ada kandidat yang tidak berkenang atau berhalangan hadir dalam debat ini, Unhas memutuskan untuk membatalkan debat yang dijadwalkan 14 September itu.
"Kita sebenarnya tidak membatalkan, tapi kita mengundurnya dan menyesuaikan dengan jadwal KPU Sulsel, sekalian kerja sama dengan KPU. Kita mau kandidat hadir semua makanya lebih baik disesuaikan dengan jadwal KPU," kata Johansyah.
Informasi yang berkembang, pembatalan debat cagub ini karena ada kandidat tertentu karena alasan berbeda level. Namun Johansyah menepis isu miring tersebut. "Pada dasarnya tiga kandidat siap, cuma kalau dilakukan 14 September, bisa jadi ada yang tidak datang. Makanya perlu ada kesepakatan kehadiran," lanjutnya.
Alasan lain, ketiga pasangan calon saat ini belum resmi menjadi calon gubernur Sulsel karena belum ditetapkan secara resmi oleh KPU. "Akan lebih baik kalau saat mereka sudah resmi pasangan calon," tandasnya.
Pembantu Dekan III FISIP Unhas, Syamsu Alam juga beralasan penundaan debat cagub tersebut karena ingin dirangkaikan dengan jadwal KPU. "Banyak pertimbangan sehingga diputuskan debat bersamaan jadwal KPU. Mungkin saja kita jadi tuan rumah saja kalau ikut jadwal KPU," kaya Syamsu Alam.
Yang pasti, rencana Unhas tersebut dilatarbelakangi keinginan kalangan akademisi melihat argumen kandidat, untuk melihat kemampuannya dan komitmennya terhadap berbagai persoalan di Sulsel. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar