Powered By Blogger

Senin, 03 September 2012

Ilham Youtube, Syahrul FB dan Twitter


MAKASSAR, FAJAR--Persaingan cagub Sulsel tidak hanya di lapangan, juga tidak kalah serunya di dunia maya. Di media sosial, Ilham Arief Sirajuddin merajai Youtube, sementara Syahrul Yasin Limpo di Facebook dan Twitter.
Ini berdasar hasil riset dan pemantauan Devisi IT Win & Wise Communication selama tiga bulan terakhir. "Pantauan yang dilakukan Juni-Agustus menunjukkan persaingan Syahrul-Ilham sangat ketat. Syahrul unggul di FB dan Twitter sedangkan Ilham unggul di Youtube," kata Direktur IT Win & Wise Communication, Anwar Abugaza, dalam jumpa pers di RM Ayam Penyet Ria, Minggu, 2 September.
Anwar memaparkan di media sosial FB dan Twitter, Syahrul memiliki akun setidaknya mencapai 17.563. Dari jumlah itu, sekitar 11.963 pengunjung memberi tanda like atau suka, sementara grup sebanyak 8.298 member serta followes mencapai 28.416. Adapun Ilham memiliki akun sebanyak 12.022, sekitar 9.298 yang suka, grup sebanyak 5.784 sedang followers atau pengikut sebanyak 1.249.
Data tiga bulan terakhir juga menunjukkan bahwa di FB dan Twitter, jumlah pengguna internet yang memperbincangkan Syahrul mencapai 16.000 pengunjung di twitter sedang di FB berkisar 6.800 pengunjung. Sedang pengguna internet yang membincangkan Ilham berkisar 5.000-6.000 orang sedang di FB dikisaran 2.100 orang.
Kalau di FB dan Twitter Syahrul lebih unggul dari Ilham, keadaan sebaliknya terjadi pada media sosial Youtube. Di media sosial yang paling populer ini menempatkan Ilham unggul jauh dari Syahrul. Pengunjung Ilham di media sosial yang satu ini mencapai 32.940 orang. Sedang Syahrul hanya 20.306 pengunjung.
Di media Youtube ini, Syahrul sebenarnya lebih unggul dari segi jumlah file yang diupload pada media ini yakni mencapai 17 file, sementara Ilham hanya 13 file. "Kelihatannya Syahrul populer di FB dan Twitter karena dia memang mengelola dua media sosial itu secara maksimal, sementara Ilham mengelola maksimal di Youtube," sebut Anwar.
Keunggulan Syahrul pada FB dan Twitter, tidak hanya didukung jumlah akun yang lebih banyak ketimbang IA, juga lebih karena akun Syahrul di dua media sosial tersebut selalu update. Banyak aktivitas maupun gagasan yang diposting pada media tersebut. "Meski kami tidak pastikan itu dikelola langsung SYL atau timnya, tapi akun lebih update dari Ilham. Sedang di Youtube, posting Ilham lebih disenangi dilihat dan ditonton," lanjutnya.
  Terhadap penggunaan media sosial dalam sosialisasi, Anwar menyebutkan media sosial bisa memperbaiki proses demokrasi, karena masyarakat terdorong untuk memilih sesuai hati nuraninya. Media sosial juga media tepat untuk menggarap pemilih rasional, cerdas, pemula, bahkan bisa mengurangi golput. (hamsah umar)      
     
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar