Powered By Blogger

Kamis, 06 September 2012

Kandidat Jangan Mudah Umbar Janji


MAKASSAR, FAJAR--Kandidat gubernur Sulsel jangan mudah umbar janji dan mengklaim keberhasilan disaat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Demokrasi (IDI) Sulsel masih sangat rendah.
Tidak hanya kandidat, pemprov Sulsel juga mesti mawas diri dengan klaim keberhasilan yang dicapai selama ini, apalagi apa yang ditargetkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) untuk menjadikan Sulsel 10 besar IPM jauh dari harapan, atau harus melampaui sembilan provinsi lagi. Itu karena IPM Sulsel saat ini berada di urut 19.
Padahal kalau melihat program andalan Sulsel yakni pendidikan dan kesehatan gratis, menjadi bagian terbesar untuk mengukur IPM yakni harapan hidup (kesehatan), melek huruf dan lama sekolah (pendidikan), serta pengeluaran (ekonomi). Tiga indikator IPM ini diklaim berhasil pemerintah kendati fakta menunjukkan IMP Sulsel stagnan.
"Kalau selama ini kesehatan dan pendidikan diklaim berhasil sementara faktanya IPM masih urutan 19, saya anggap belum bisa diklaim kedua program itu berhasil. Program mungkin bagus tapi implementasinya tidak dijalankan, sehingga ini perlu menjadi cambuk bagi pemerintah bekerja lebih maksimal," kata Direktur Pendidikan Rakyat Anti Korupsi (Perak) Sulsel, Mawardi, Rabu, 5 September.
Melihat IPM dan IDI Sulsel masih rendah dibanding provinsi lain, Mawardi berharap agar pada momen pilgub Sulsel ini, kandidat gubernur tidak mudah mengumbar janji. "Masyarakat juga jangan begitu mudah percaya statement kandidat. Karena bisa saja programnya itu bagus tapi tidak mampu direalisasikan di lapangan. Selama ini mungkin ada proses yang tidak berjalan," kata Mawardi.
Dari sisi demokrasi, dari indikator mengukur IDI yakni kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi, Mawardi melihat dari segi kebebasan sipil Sulsel sudah cukup baik namun dua indikator lain itu yang kurang baik.
"Sayang sekali kalau kita kalah dari Papua atau Sulawesi Barat yang baru mekar dari Sulsel. Mesti untuk indeks demokrasi kita tidak perlu kalah daru Sulbar. Sehingga memang ada fakta bahwa pemerintah belum bekerja maksimal," sebut Mawardi. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar