Powered By Blogger

Senin, 17 September 2012

Pemilih Ganda Makassar 72.063


MAKASSAR, FAJAR--Proses pemutakhiran data penduduk potensial pemilih pemula (DP4) sudah mulai berjalan di tingkat kelurahan. Petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sudah mulai melakukan pemutakhiran data berbasis tempat pemungutan suara (TPS).
Khusus di Makassar, hasil analisa sementara yang dilakukan KPU Makassar setidaknya ada sekitar 72.063 daftar pemilih yang ditengarai ganda. Daftar pemilih yang ganda inilah yang menjadi fokus utama PPDP dalam melakukan verifikasi untuk mengecek daftar pemilih tersebut, termasuk mencari tahu ada tidaknya warga yang belum terdaftar.
"Dua hari lalu kita sudah turunkan ke tingkat PPS untuk dilakukan verifikasi oleh petugas PPDP. Dari hasil analisa yang kita lakukan, sedikitnya ada 72.063 yang ganda. Daftar pemilih yang ganda ini bisa saja berkurang atau bertambah pada saat diverifikasi petugas di lapangan," kata Ketua Pokja Pemilu KPU Sulsel, Isdin Idrus, Minggu, 16 September.
Banyaknya daftar pemilih ganda ini tentu saja akan merepotkan petugas di lapangan dalam melakukan verifikasi. Kendati, KPU berharap proses verifikasi di tingkat PPS ini bisa berjalan tepat waktu dan menghasilkan data yang akurat. Verifikasi DP4 di tingkat PPS ini akan berjalan hingga satu bulan.
Sementara terhadap verifikasi partai politik, anggota KPU Makassar, Nurmal Idrus menyebutkan bahwa partai politik yang ada di Makassar masih sangat minim yang telah merampungkan dokumen yang dibutuhkan oleh KPU. Misalnya saja KTA masih banyak partai yang menyetor KTA dalam jumlah sedikit.
"Banyak parpol yang masih jauh dari standar yang ditentukan dalam hal kesiapan dokumen. Padahal, batas waktu penyerahan dokumen utamanya KTA ini hanya sampai 29 September mendatang," kata Nurmal.
Makanya, Nurmal minta agar partai politik yang ada di Makassar untuk tidak meremehkan proses verifikasi. KPU menegaskan, tidak akan memberi kompromi dengan tahapan verifikasi partai politik yang telah dijadwalkan KPU. "Kita juga sudah diminta KPU pusat untuk tidak kompromi dengan hal ini. Makanya kita minta parpol tidak meremehkan," ajak Nurmal.
Mengingat parpol yang menyerahkan dokumen ke KPU belum maksimal, KPU Makassar menjadwalkan akan melakukan sosialisasi dan menghadirkan seluruh partai politik yang ada di Makassar.  "Kita rencanakan pekan depan. Kita akan kumpulkan partai politik," sebut Nurmal. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar