Powered By Blogger

Senin, 17 September 2012

Pemeriksaan Kesehatan Cagub 23 September


MAKASSAR, FAJAR--Tiga pasangan calon gubernur Sulsel yang sudah resmi mendaftar di KPU Sulsel, dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Minggu, 23 September mendatang.
Pemeriksaan kesehatan calon gubernur Sulsel ini akan berlangsung sehari penuh. Itu karena pemeriksaan dilakukan bersamaan dan berlangsung hanya sehari. Tiga cagub Sulsel ini akan dihadapi sedikitnya 40 tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel. "Jumlah dokter yang melakukan pemeriksaan sama dengan saat pemeriksaan kesehatan cabup Takalar. Tim dokter yang dilibatkan itu juga," kata anggota KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari.
Untuk pemeriksaan kesehatan ini, para kandidat dibebankan biaya pemeriksaan sebesar Rp5 juta per orang atau Rp10 juta per pasangan. Tiga kandadat gubernur yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan ini masing-masing Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar, dan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na).
Ziaur Rahman menambahkan, anggota KPU Sulsel mulai hari ini akan melakukan verifikasi keabsahan dukungan partai politik terhadap tiga pasangan yang ada ke DPP dan Menteri Hukum dan HAM. Berdasar catatan KPU, setidaknya ada 11 parpol yang memberikan dukungan ganda kepada ketiga pasangan calon ini.
"Kita sudah akan melakukan verifikasi ke DPP dan Mengkum Ham. Paling lambat Selasa proses verifikasi di DPP sudah mulai kita lakukan. Untuk melihat yang mana saja yang sah dari dukungan yang ganda itu," sebutnya.
Parpol yang memberikan dukungan ganda karena kepengurusannya dualisme, KPU akan melakukan verifikasi ke Mengkum HAM. Beberapa partai yang ditengari terjadi dualisme seperti PDS, PPRN, dan Kedaulatan. "Tidak ada masalah masing-masing calon mengklaim sebagai pemegang rekomendasi yang sah, tapi verifikasi KPU nanti yang menentukan mana yang sah," tambagnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar