Powered By Blogger

Rabu, 23 Januari 2013

KCI: Tafa'dal Bupati Bone


MAKASSAR, FAJAR--Pasangan Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle (Tafa'dal) dipastikan melanjutkan kepemimpinan bupati Bone yang saat ini dipimpin Andi Idris Galigo-Andi Said Pabokori. Hasil quick count lembaga survei menempatkan pasangan yang mengusung Harapan Baru ini menang satu putaran.
Quick count yang dirilis Konsultan Citra Indonesia (KCI) misalnya menempatkan pasangan ini mendapat dukungan mayoritas masyarakat Bone dengan persentase 46,79 persen. Adapun saingan terberatnya, Andi Irsan Idris-Andi Yuslim Patawari meraih suara 23,39 persen. Pasangan lain Andi Mangunsidi Massarappi-Sumardi Sulaiman 10,47 persen, Andi Taufan Tiro-Andi Promal Pawi 12,64 persen, Andi Mustaman-Andi Sultan Pawi 4,31 persen, dan di posisi kuncu Andi Mappamadeng Dewang-Andi Said Pabokori 2,40 persen.
Rilis hitung cepat KCI ini dengan data sampel yang masuk mencapai 95,60 persen dari 250 TPS yang menjadi sampel. Kendati belum 100 persen, Direktur Eksekutif KCI, Barkah Patimahu memastikan hasil quick count ini tidak jauh beda dengan perhitungan manual yang akan dilakukan KPU secara manual.
"Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Tafa'dal yang telah mampu mendapat dukungan luas masyarakat Bone. Hasil quick count ini disimpulkan pemenang pemilukada adalah pasangan urut 4 ini. Ini tentu saja masih quick count karena tetap harus menunggu hasil KPU. Tapi pengalaman perhitungan cepat yang kami lakukan, ini tidak jauh beda dengan hasil perhitungan KPU," kata Barkah didampingi Direktur Riset, Putri Dwi saat menggelar jumpa di Grand Clarion & Convention.
Hasil hitung cepat KCI juga menunjukkan pasangan yang diusung Golkar ini memenangkan pertarungan di seluruh zona atau di lima daerah pemilihan di daerah itu. Kemenangan Tafa'dal tertinggi pada zona 2 sebesar 50,43 persen.
Hasil analisi KCI menyebutkan, kemenangan Tafa'dal di Bone ini tidak lepas dari opini yang berkembang di masyarakat kalau pembangunan di daerah ini belum sesuai harapan masyarakat dan masyarakat inginkan perubahan. Sedang pesaing terberatnya Irsan-Yuslim citranya memburuk akibat status sebagai tersangka korupsi.    
Di Bone, jumlah pemilih berdasarkan DPT sebanyak 560.304 dengan jumlah TPS sebanyak 1.390. Dari hasil perhitungan cepat ini juga disimpulkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat Bone di pemilukada kali ini sebesar 71,94 persen.
Jika dibandingkan hasil survei sepekan jelang pemilihan yang dilakukan KCI, ternyata dukungan terhadap Irsan-Yuslim bukannya mengalami trend peningkatan tapi malah menuruh sekitar 10,11 persen, dimana saat survei 9-12 Januari lalu, elektabilitas Irsan-Yuslim mencapai 33,5 persen, sedang Tafa'dal 41,6 persen. (hamsah umar)

Quick Count Pemilukada Bone:
Konsultan Citra Indonesia (KCP)
Sampel:  250 TPS
Metode: Multistage Random Sampling
Hasil:
Andi Mustaman-Andi Sultan Pawi : 4,31 Persen
Andi Irsan Idris-Andi Yuslim Patawari : 23,39 Persen
Andi Taufan Tiro-Andi Promal Pawi : 12,64 Persen
Andi Fahsar M Padjalangi-Ambo Dalle : 46,79 Persen
Andi Mappamadeng Dewang-Andi Said Pabokori : 2,40 Persen
Andi Mangunsidi Massarappi-Sumardi Sulaiman : 10,47 Persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar