Powered By Blogger

Selasa, 22 Januari 2013

Mendagri Ikut Pantau Pilgub Sulsel


*KPU Libatkan 450 Pemantau

MAKASSAR, FAJAR--Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi memberi perhatian khusus pelaksanaan pilgub Sulsel. Buktinya, Mendagri bersama Polri ikut memantau langsung proses pencoblosan yang berlangsung Selasa, 22 Januari hari ini.
Rencana Mendagri dan perwakilan Polri memantau langsung proses pencoblosan pilgub Sulsel ini disampaikan Kapolda Sulsel, Irjen Mudji Waluyo kemarin. Bahkan Direktur Jenderal Kesbangpol Kemdagri, Ahmad Tanribali Lamo kemarin mendadak melakukan pertemuan dengan KPU Sulsel di kantornya.
"Jadi Mendagri akan satu rombongan dengan perwakilan Polri akan memantau hari pencoblosan besok. Saya kira, kita semua memiliki tanggung jawab moral untuk melihat pilgub Sulsel ini berjalan sebagaimana harapan kita semua," kata Mudji.
Adapun Tanribali berharap, pilgub Sulsel yang dilakukan hari ini diharapkan bisa menjadi contoh pilgub damai di 2013. Apalagi Sulsel adalah daerah pertama yang menggelar pemilihan di 2013 ini. "Berdasar laporan dari teman di KPU kondisinya relatif kondusif dan aman. Dari KPU sendiri semua persiapan sudah siap," kata Tanribali.
Dia mengingatkan tiga cagub Sulsel agar sebisa mungkin menjaga suasana tenang. Namun dia berharap petugas keamanan juga tetap harus siap mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan. "Saya juga imbau masyarakat gunakan hak pilih. Saya kira masyarakat perlu penjelasan kalau memang mereka tidak mendapat undangan bisa menggunakan KTP," kata Tanribali.
Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas menyebutkan untuk pilgub Sulsel ini sedikitnya 450 pemantau independen yang turun. Mereka berasal dari dua lembaga berbeda yakni Badan Independen Penelitian, dan Komunikasi Publik (BIPKP) dan Lembaga Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks). Ratusan pemantau pilgub ini dilengkapi identitas dari KPU Sulsel.
"Jadi itu terdata di KPU sebagai pemantau independen di pilgub Sulsel. Tapi pada dasarnya semua masyarakat Sulsel berhak melakukan pemantauan pilgub, karena juga juga menjadi harapan kita semua," kata Jayadi Nas. (hamsah umar)


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar