Powered By Blogger

Selasa, 22 Januari 2013

Quick Count Bukan Penentu


MAKASSAR, FAJAR--Publik Sulsel tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui siapa gubernur Sulsel 2013-2018. Meski pemilihan baru dilakukan hari ini, warga Sulsel sudah bisa mengetahui gubernur pilihan rakyat sore ini, paling lambat pukul 17.00 Wita.
Kepastian bahwa warga Sulsel di 24 kabupaten/kota sudah bisa mengetahui gubernurnya sore, karena sejumlah lembaga survei akan melakukan quick count atau perhitungan cepat. Beberapa lembaga yang melakukan hitung cepat seperti Celebes Research Centre (CRC), Jaringan Suara Indonesia (JSI), dan Adyaksa Supporting House. Lembaga lain seperti Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI) juga dilaporkan melakukan hal yang sama.
Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas mempersilahkan siapa saja lembaga melakukan hitung cepat. "Tapi harapan saya laporan perhitungan suara dari TPS itu setelah perhitungan betul-betul selesai. Saya juga ingin sampaikan bahwa kami tidak pernah melarang lembaga survei menggelar quick qount," tandas Jayadi.
Kendati berdasar pengalaman quick count selama ini 100 persen benar, Jayadi tetap berharap masyarakat Sulsel tetap menunggu hasil rekapitulasi manual yang dilakukan KPU. "Karena rekapitulasi inilah yang menjadi penentu bagi KPU, quick count bukan acuan apalagi hanya mengabil sampel," kata Jayadi.
Lembaga survei yang melakukan quick count ini bahkan ada yang menggandeng televisi lokal untuk siaran langsung. Proses perhitungan cepat ini diperkirakan mulai dilakukan pukul 14.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita.
Informasi yang diperoleh FAJAR, JSI akan melakukan quick count dari Jade 3 Hall, Grand Clarion & Convention Makassar, CRC di Hotel Sahid Makassar, sedang Adyaksa menggelar hitung cepat di Hotel Santika Makassar.  Lembaga-lembaga survei ini berjanji akan mempublikasikan hasil hitung cepatnya paling lambat pukul 17.00 Wita.
Untuk quick count JSI, akan menghadirkan langsyng Direktur Riset JSi, Eka Kusmayadi. Untuk perhitungan cepat ini, jumlah sampel TPS yang digunakan lembaga ini cukup terbatas. JSI misalnya hanya mengambil sampel sebanyak 330 TPS dari 15.601 TPS di Sulsel. "Jadi kita mengambil sampel sebanyak 330 TPS se-Sulsel," kata Manajer Strategi Pemenangan JSI, Irfan Jaya.
Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer juga menegaskan melakukan quick count pilgub Sulsel. Selain pilgub, lembaga survei yang satu ini juga melakukan hal sama untuk pilwalkot Palopo dan Pemilukada Bone. Untuk pilgub Sulsel, Herman menyebut jumlah sampel TPS mencapai 300 TPS, pilwalkot Palopo 300 TPS, dan pemilukada Bone 200 TPS.
"Quick count untuk pilgub Sulsel, pilwalkot Palopo, dan pemilukada Bone kita lakukan bersamaan. Hasil perhitungan cepat ini kita rencanakan diumumkan pukul 17.00 Wita," kata Herman. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar