Powered By Blogger

Senin, 28 Januari 2013

Rekap di Sembilan Kabupaten Rampung


MAKASSAR, FAJAR--Sejumlah kabupaten/kota di Sulsel telah menyelesaikan rekap hasil perhitungan suara pilgub. Hasil rekap ini bahkan sudah ada yang diamankan KPU di Hotel Singgasana Makassar, tempat rekapitulasi tingkat provinsi akan digelar, 31 Januari mendatang.
Sebagian kabupaten/kota lainnya dilaporkan baru akan melakukan rekap, Senin, 28 Januari. Hari ini, rekap tingkat kabupaten diharapkan sudah selesai seluruhnya. Beberapa daerah yang melakukan rekap hari ini seperti Takalar, Selayar, Palopo, Lutra, Lutim, Maros, Soppeng, Parepare dan Pinrang.
"Hasil perhitungan suara teman-teman di kabupaten sudah ada yang dibawa ke provinsi. Seperti Takalar sejak sore sudah sampai kota berita acara rekapnya. Beberapa daerah lain seperti Maros, Pinrang, Parepare, Palopo, dan Soppeng sudah dalam perjalanan," kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas, Minggu, 27 Januari.
Kota suara berisi berita acara hasil rekap kabupaten ini langsung diamankan ke Hotel Singgasana Makassar. Di hotel itu, empat personil kepolisian sudah disiagakan untuk melakukan pengamanan, termasuk beberapa staf KPU Sulsel yang standby menunggu kabupaten lain yang sementara mengirim berita acara rekapnya.          
Beberapa kabupaten memilih belum melakukan rekap karena berbagai pertimbangan seperti hari libur dan semacamnya, apalagi jadwal rekap kabupaten memang berlangsung hingga 29 Januari, sebagaimana tahapan yang ditetapkan KPU. Daerah yang baru menjadwalkan rekap hari ini seperti Makassar, Bulukumba, dan sejumlah daerah lainnya.
Rekap tingkat provinsi ini akan dihadiri ketua-ketua KPU, sekretaris, dan sejumlah operator. Rekap juga akan mengundang anggota panwaslu kabupaten/kota dan unsur muspida di Sulsel. "Selain saksi pasangan calon, kita juga undang pemantau dan pihak terkait lainnya," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari.
Pelaksanaan rekap hasil pilgub ini akan diawali dengan rapat koordinasi antara KPU se-Sulsel pada, 30 Januari, termasuk di dalamnya membahas mengenai pelaksanaan pilgub Sulsel, termasuk melakukan evaluasi berbagai kelemahan dalam proses pelaksaan pilgub. "Rekap provinsi kita awali dengan rapat koordinasi antar KPU, termasuk kita melakukan evaluasi," kata Ziaur Rahman. (hamsah umar)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar