Powered By Blogger

Sabtu, 09 Juli 2011

Desain Simpel dan Futuristik

MODIFIKASI kendaraan roda empat utamanya audio, tidak selalu  membenamkan banyak perangkat audio untuk memaksimalkan fungsinya. Banyak juga desain audio dengan fasilitas yang terbilang minim, namun kualitas yang ada tetap terjamin dan mampu memberikan kepuasan bagi pemilik mobil itu sendiri.
Kesan ribet pada desain audio dengan  banyak fasilitas audio, menjadi salah satu alasan sebagian pencinta mobil modifikasi memilih untuk melakukan desain audio yang sangat simpel. Kalau perlu, subwoofer maupun power atau amplifier cukup dengan satu unit saja. Meski dengan jumlah  fasilitas audio yang minim, kualitas audio yang ada tetap memberikan kepuasan dan kenyamanan dalam menikmati audio musik.
Salah satunya adalah mobil Honda Jazz keluaran 2010 milik Muh Ricky. Desain audio pada mobil  yang satu ini memang sengaja tidak untuk digeber keluar, namun lebih memaksimalkan fungsi audio dalam kabing. Makanya, subwoofer dan power hanya satu unit. 
Adapun speaker dibenamkan empat unit masing-masing dua unit di belakang serta dua unit yang dibenamkan pada pintu depan. Sementara pada plafon depan tepatnya di atas jok, juga dibenamkan dua unit tweeter. Semuanya dilakukan demi untuk memaksimalkan fungsi sound quality pada kabing kendaraan.
Untuk speaker dan tweeter, Ricky memilih menggunakan clif designs, sehingga tetap mendukung konsep dari desain audio ini. 
Untuk memaksimalkan ruang, penempatan kapasitor digandeng dengan passive intersys sehingga desain lebih padat. Passive intersys ini berfungsi untuk meredak noise di dalam mobil, sehingga pada saat memutar audio musik kesukaan kita, suara yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. "Dengan passive intersys, kenyamanan pada sound quality benar-benar tercapai," ujar Ricky.
Dalam rangka mencapai desain yang diinginkan Ricky ini, dia memercayakan proses modifikasi mobilnya sepenuhnya diserahkan kepada bengkel Auto HAR. Modifikasi mobil ini terbilang cukup singkat, karena hanya membutuhkan empat hari kerja. Maklum, desain utamanya audio pada mobil ini memang sangat simpel dengan kesan futuristik. 
Kendati cukup simpel, Ricky mengaku cukup puas dengan desain atau modifikasi yang ada pada mobilnya. Apalagi menurut dia, desain audio pada mobilnya ini cocok untuk semua jenis musik baik slow, rock, dan jenis musik lainnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar