Powered By Blogger

Senin, 25 Juli 2011

Penyebab Kebakaran Masih Dirahasiakan Polisi


MAKASSAR--Publik Makassar utamanya para pedagang yang menjadi korban kebakaran, tampaknya masih harus bersabar menunggu informasi pasti mengenai penyebab kebakaran yang menghanguskan Makassar Mall. Hingga saat ini, pihak kepolisian masih merahasiakan apa yang menyebabkan salah satu pusat ekonomi di Makassar ini terbakar.
Kendati tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel dilaporkan telah menyerahkan hasil penelitian dan penyelidikan kepada pihak penyidik Polres Pelabuhan, namun sejauh ini penyebab pasti kebakaran tersebut belum dilansir penyidik Polres Pelabuhan. Informasi yang diperoleh FAJAR,  hasil penelitian dan  penyelidikan yang dilakukan labfor telah diserahkan ke penyidik pekan lalu.
Kepala Unit Kebakaran Forensik Polda Sulsel, Kompol Gede Suarthawan yang dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut. Dia membenarkan telah menyelesaikan penelitian menyangkut penyebab kebakaran Makassar Mall pekan lalu. "Iya, kami memang sudah serahkan ke penyidik pekan lalu," kata Gede.
Hanya saja, ketika ditanya lebih jauh soal bagaimana hasil pemeriksaan labfor tersebut, Gede tidak bersedia membeberkannya. Yang pasti kata dia, pihaknya sudah menyerahkan hasilnya ke penyidik termasuk kesimpulan mengenai penyebab kebakaran Makassar Mall. "Kalau kesimpulannya itu kewenangan penyidik, karena hasilnya sudah kita serahkan," tambah Gede.
Kapolres Pelabuhan, AKBP Audy AH Manus yang dikonfirmasi terpisah menyebutkan bahwa pihaknya belum melihat hasil penelitian yang telah dilakukan tim forensik. Makanya, dia belum mau membeberkan seperti apa penyebab kebakaran Makasssar Mall tersebut.
Belum lagi kata dia, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan gelar di Polda Sulsel menyangkut hasil penyelidikan yang selama ini dilakukan penyidik. Makanya, dia berharap, masyarakat tetap bersabar sampai proses gelar kasus tersebut dilakukan di Polda Sulsel. "Dalam waktu dekat ini kita akan gelar di Polda," kata Audy.
Sekadar mengingatkan, saat kebakaran berlangsung beberapa waktu  lalu, isu yang berkembang di tengah pedagang menyebutkan bahwa kebakaran tersebut akibat faktor ke sengajaan, dengan asumsi api yang membakar pusat perbelanjaan tersebut bersamaan dari empat sudut. Namun untuk kepastiannya, masyarakat masih menunggu pengumuman resmi dari pihak kepolisian apakah karena dibakar, kelalaian, atau karena arus pendek. (hamsah umar)                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar