Powered By Blogger

Kamis, 28 Juli 2011

Dirjen HKI Sita Generator Merek Palsu


MAKASSAR--Sejumlah pegawai Direktorat Jenderal (Dirjen) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, didampingi penyidik reskrim khusus Polda Sulsel melakukan penyitaan sedikitnya lima unit mesin generator, karena diduga terkait pemalsuan merek.
Kelima generator yang diduga bermerek palsu ini disita pegawai Dirjen HKI di Toko Sempurna Motor, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Kamis, 28 Juli. Penyitaan mesin generator ini dilakukan Dirjen HKI setelah mendapat pengaduan dari pemilik merek yang diduga dipalsukan, Honda. "Pengaduan kami terima langsung dari Honda Jepang," kata Direktur Penyidikan Dirjen HKI Depkum HAM, Fathlurachman.
Menurut dia, mesin yang diproduksi Evolux tersebut mendompleng merek Honda, dimana beberapa stiker merek Honda ditempelkan pada mesin tersebut. Sehingga mesin tersebut seakan-akan diproduksi oleh Honda. Padahal, pihak Honda merasa tidak pernah memproduksi generator bertipe seperti yang dijual tersebut.
Selain beredar di Makassar,  Fathlurachman menambahkan bahwa daerah lain yang ditemukan terjadi dugaan pemalsuan mereka yakni di Surabaya, Kupang, dan Jawa Tengah. Dugaan pemalsuan merek ini tidak hanya pada mesin generator, tapi juga diduga sparepart milik Honda.
Merek milik Honda yang diduga dipalsukan pada mesin generator yang disita Dirjen HKI itu seperti filter mesin, kode nomor mesin, dan semacamnya. "Kasus dugaan pemalsuan merek ini akan kita selidiki. Kalau memang terbukti ada pemalsuan, kita akan menetapkan tersangka," kata  Fathlurachman.
Dia menegaskan, pelaku pemalsuan merek itu diduga melanggar Pasal 90, Pasal 91, dan Pasal 94 Undang-undang No.19 Tahun 2011 tentang Merek.
Menurut pengakuan pemilik toko Sempurna Motor kepada pegawai Dirjen HKI yang melakukan penyitaan generator menyebutkan, pihaknya hanya sekadar menjual barang yang dipasok dari Surabaya. Makanya, dia mengaku tidak tahu menahu kalau terjadi pemalsuan merek terhadap generator yang dijual tersebut. Apalagi sudah ada beberapa generator yang telah dijual kepada masyarakat. (hamsah umar)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar