Powered By Blogger

Rabu, 06 Juli 2011

Rp5 Juta Uang Palsu Diamankan


MAKASSAR--Jajaran Polsekta Tallo mengamankan oknum polisi gadungan, yang diduga mengedarkan uang palsu di tengah masyarakat. Dari tangan Adi Astika ini, polisi mengamankan barang bukti berupa uang palsu sebesar Rp5 juta. 
Warga asal Sidoarjo, Jawa Timur ini di tangkap polisi di Jalan Gatoto Subroto Makassar. Selain mengamankan uang palsu lembaran Rp100 ribu, 50 ribu, dan Rp20 ribu, polisi juga mengamankan satu seragam polisi  yang diduga digunakan tersangka untuk menjalankan aksinya.
Kapolsekta Tallo, Kompol Frans Tandean mengatakan, penangkapan tersangka ini berawal ketika dia sedang berbelanja pada salah satu toko di lokasi penangkapan. Saat itu, pelaku membeli pampers dan membayarnya dengan uang lembaran Rp20 ribu. Saat bersamaan, salah seorang anggota melihat transaksi tersebut.
Curiga denga n warga dan ciri-ciri uang yang digunakan pelaku, polisi kemudian melakukan pemeriksaan dan membawanya ke Polsekta Tallo. Setelah digeledah, juga ditemukan uang palsu di dompet sebesar Rp400 ribu.
Setelah memastikan uang yang digunakan tersangka bertransaksi adalah palsu, polisi kemudian melakukan pengembangan ke rumah tersangka di Karabba, Jalan Abdullah, Kelurahan Tallo Lama, Kecamatan Tallo. Hasilnya, polisi menemukan uang palsu hingga sebesar Rp5 juta. Uang palsu tersebut terdiri dari pecahan Rp50 ribu sebanyak delapan lembar, Rp20 ribu sebanyak 110 lembar, dan Rp100 ribu sebanyak 24 lembar, yang disembunyikan dalam tas.
Informasi yang diperoleh, warga pendatang ini diketahui baru saja tinggal di Makassar sekitar tujuh bulan terakhir. Polisi juga mengamankan satu unit laptop dan printer yang diduga digunakan  pelaku untuk  memproduksi uang palsu.
Saat diinterogasi polisi,  tersangka mengaku memproduksi uang palsu tersebut karena alasan ekonomi. Bahkan dia menyebut, sudah ada sekitar Rp3 juta uang palsu yang telah diedarkan di masyarakat. (hamsah umar) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar