Powered By Blogger

Sabtu, 23 Juli 2011

Kontrol Mesin Melalui RPM




AKSESORI kendaraan bermotor merupakan salah satu hal penting untuk mempercantik suasana di dalam kabin mobil. Selain sekadar gaya, aksesori juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan pengawasan terhadap bagian tertentu mobil. Misalnya saja kondisi oli, aki, putaran mesin, hingga suhu mesin kendaraan.
Tambahan aksesori seperti revolutions per minute (RPM) memang memiliki fungsi kontrol yang cukup berguna bagi pengguna kendaraan roda empat. Bahkan, RMP yang dibenamkan pada kendaraan modifikasi tidak jarang lebih dari satu unit. Salah satunya diterapkan Muh Ilham, pemilik mobil Honda Jazz warna putih ini.
"Ada RPM biasa, tapi ada juga yang berfungsi melakukan kontrol terhadap aki, voltage, putaran mesin, dan tekanan gas," kata Ilham yang mendesain mobilnya di bengkel AUTO HAR.
Dengan adanya dua unit RPM yang dibenamkan pada mobilnya itu, Ilham mengaku akan lebih mudah dalam mengemudikan kendaraan, utamanya karena bisa cepat menyesuaikan dalam mengover perseneling mobil. "Jadi RPM ini cukup membantu, karena kita bisa mengontrol kondisi aki dan putaran mesin saat mengemudi, sehingga kita juga bisa cepat menyesuaikan dalam mengoper perseneling,"  jelas Ilham. 
Sementara untuk knalpot, Ilham memilih menggunakan knalpot HKS sport engchanged. Untuk memasang knalpot ini, dia memilih mencopot saringan pada lapisan ketiga, sehingga tekanan gas lebih cepat naik. Meski mencopot saringan pada lapisan ketiga, namun suara yang dihasilkan knalpot ini tetap tidak bising.  (hamsah umar)
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar