Powered By Blogger

Minggu, 01 April 2012

PAN Survei Syahrul-Ilham

*Kahfi: Tidak Mutlak yang Tertinggi

MAKASSAR, FAJAR--Calon gubernur incumbent, Syahrul Yasin Limpo dan pasangan penantangnya, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar memiliki peluang yang sama dipinang Partai Amanat Nasional (PAN) di pilgub Sulsel 2013.
    Kendati saat deklarasi Syahrul beberapa waktu lalu, Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi termasuk elit yang ada di deklarasi itu, bukan berarti PAN sudah sepenuhnya akan mendukung calon petahana. Peluang bagi pasangan Ilham-Aziz tetap sama dengan yang dimiliki Syahrul.
    Apalagi, sebelum cagub ini ditetapkan DPP PAN untuk diusung, DPP partai berlambang matahari terbit ini masih akan melakukan survei untuk melihat tingkat popularitas dan elektabilitas masing-masing kandidat. PAN menjadikan pertimbangan survei dalam menetapkan cagub yang akan diusung di pilgub.   
    Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi menandaskan bahwa survei Syahrul dan Ilham-Aziz ini akan ditentukan oleh DPP PAN. Hanya saja, dia mengaku tidak mengetahui kapan survei itu dilakukan dan lembaga apa yang akan digunakan. Bisa saja, survei tersebut sudah berlangsung namun tidak diberitahukan kepada DPW PAN Sulsel.
    "Yang melakukan survei kan DPP. Kita tidak tahu kapan dilakukan dan  lembaga apa yang dipakai. Tapi kalau berdasar pengalaman kami di PAN, lembaga yang biasa dipakai adalah Jaringan Survei Indonesia (JSI)," kata Kahfi.
    Dia menegaskan, kandidat yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang menyakinkan akan ditetapkan DPP. "Tapi tidak juga yang harus tertinggi. Kalau misalnya perbedaannya hanya selisih sedikit, bisa jadi bukan yang tertinggi. Yang dilihat juga adalah trendnya dan peluangnya memenangkan pilgub," kata Kahfi.
    Sekretaris DPW PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar menambahkan bahwa survei ini penting guna melihat peluang kandidat memenangkan pertarungan. "Ada kemungkinan survei dilakukan April. Tapi pelaksanaan survei itu kan domainnya DPP kita di DPP sudah selesai," kata Buhari.
    Terkait masalah survei ini, Buhari menyatakan bahwa DPW PAN Sulsel sejauh ini tidak pernah melakukan survei. Begitu juga DPP belum pernah melangsir survei calon yang sementara digodok PAN. "Prosesnya masih berjalan, tapi kalau ada yang bilang sudah ada survei yang dilansir DPP itu tidak benar," kata Buhari.
    Di kubu kandidat gubernur, baik Syahrul maupun Ilham sama-sama memiliki rasa optimisme merangkul PAN dalam koalisi mereka. Namun, di kubu Syahrul lebih yakin karena bercermin pada sikap politik Ketua DPW PAN Sulsel yang condong bahkan terang-terangan mendukung Syahrul.
    Salah satu bentuk dukungan yang diperlihatkan adalah saat menghadiri deklarasi cagub petahana beberapa waktu lalu. Namun semua itu tidak cukup karena kewenangan menentukan pilihan ada di tangan DPP dan mekanisme survei. (hamsah umar)   
                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar