Powered By Blogger

Selasa, 27 Maret 2012

Banyak Alasan SYL Pilih Agus

MAKASSAR, FAJAR--Calon gubernur  incumbent, Syahrul Yasin Limpo memang belum menentukan siapa yang akan mendampinginya di pilgub Sulsel 2013, namun kecenderungan mempertahankan Sayang II tetap jadi pilihan paling ideal.
    Di antara deretan figur yang disebut-sebut punya  peluang mendampingi SYL, Agur Arifin Nu'mang berada di urutan paling menyakinkan, mulai survei, dukungan partai politik, hingga dukungan kepala daerah. Belum lagi, ormas maupun tokoh yang ada di belakang Agus juga sangat meyakinkan SYL memilih Agus.
    Dukungan keluarga besar SYL yang tetap mendukung Sayang II berlanjut, juga tidak bisa dinafikan sebagai isyarat bahwa paket ini sudah final. Sekalipun akan ada penjaringan melalui pendaftaran, namun mekanisme partai itu sekadar formalitas untuk memberikan dukungan bagi Agus mendampingi SYL.
    Dukungan Persatuan Tarbiyah Islamiyah Sulsel adalah salah satu bentuk nyata dukungan keluarga terhadap Syahrul untuk tetap mempertahankan Agus sebagai pendamping. Organisasi Islam ini dipimpin oleh adik kandung SYL, Haris Yasin Limpo. Beberapa baliho dari organisasi ini bahkan sudah mulai muncul khususnya di Gowa sebagai pernyataan mendukung Sayang II.
    Sikap harmonis yang diperangkan keluarga Syahrul terhadap Agus juga menjadi alasan kuat SYL tetap memilih Agus di pilgub 2013. Agus sendiri mengakui kalau selama ini hubungannya dengan keluarga Syahrul berjalan baik.
    Figur lain sebenarnya juga punya banyak alasan ketika SYL memilih selain Agus. HM Roem misalnya merupakan kader senior Golkar sekaligus mantan bupati Sinjai dua periode. Begitu juga Muallim serta Rudiyanto. Namun peluang Agus tetap lebih besar.          
    Wakil Ketua DPD PDS Sulsel, Paulus Tandiongan yang dulunya mendorong Rudiyanto Asapa mendampingi SYL, pun mulai rajin memberikan sanjungan terhadap paket Sayang. "Sayang itu pasangan sukses dan harmonis. Tapi PDS menentukan cagub dan cawagub berdasarkan survei," kata Paulus, Senin, 26 Maret.
    PDS dalam waktu dekat akan menggelar Rapimwil yang membahas cagub yang bakal diusung PDS, termasuk akan mengundang Syahrul dan Pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar memaparkan visi misinya.
    Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Armin Mustamin Taoputiri menandaskan tahapan penentuan cawagub Golkar saat ini belum dilakukan karena yang dilakukan saat ini adalah membangun koalisi. "Kita lebih percaya diri kalau kita mampu membangun koalisi besar," kata Armin.
    Penentuan cawagub SYL tetap mengacu mekanisme Golkar yakni melalui survei. Hasil survei tersebut selama ini sudah dibocorkan dimana Agus menempati posisi tertinggi. (hamsah umar)                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar