Powered By Blogger

Rabu, 28 Maret 2012

Koalisi Nonparlemen Beralih ke Ilham-Aziz

MAKASSAR, FAJAR--Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Rudiyanto Asapa bakal ditinggal koalisi nonparlemen. Tidak adanya kepastian jadi alasan koalisi mulai mengalihkan perhatiannya ke Semangat Baru, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar.
    Koalisi nonparlemen bahkan berani memberikan tenggat waktu 2 x 24 jam untuk menentukan sikap mendukung atau tidak Ilham-Aziz di pilgub 2013. Namun sinyal dan keseriusan pasangan IA dan koalisi nonparlemen membangun koalisi mengisyaratkan koalisi ini siap mendukung Ilham-Aziz.
    Pasangan nasionalis-religius ini memang melakukan pertemuan dengan koalisi nonparlemen, di Lantai 11 Hotel Santika Makassar, Selasa, 26 Maret. Hampir semua pengurus koalisi nonparlemen hadir dalam pertemuan ini seperti Partai Merdeka,  PSI, PKPB, PPD, PPPI, PPRN, Kedaulatan, Partai Marhaen, Pelopor, PPNUI, PKP, dan PPIB.
    "Pada prinsipnya koalisi nonparlemen memiliki keinginan mengusung IA. Makanya kami di koalisi sepakat dalam 2 x 24 jam kita akan tentukan sikap karena ini juga akan kita komunikasikan ke DPP," kata Koordinator Koalisi Nonparlemen, Saelon Moka.
    Sebagai bentuk keseriusan koalisi nonparlemen bergabung Semangat Baru, Rabu, 27 Maret pertemuan kembali akan dilanjutkan kendati hanya diikuti tim IA. Pertemuan dipastikan sudah mulai membahas hal-hal teknis ketika koalisi ini bergabung dengan IA.
    Rudiyanto yang lebih awal membangun komunikasi dengan koalisi nonparlemen, dianggap menggantung koalisi karena sejauh ini tidak ada kepastian. "Sampai saat ini tidak ada kepastian, sekalipun kita tetap menunggunya. Tapi siapa pun yang duluan dan serius dengan kita, itulah yang akan kita dukung. Ilham-Aziz ini kelihatannya cukup serius," kata Saelon.
    Ilham yang mendapat sambutan prestisius koalisi nonparlemen ini bahkan menawarkan deklarasi tersendiri dengan koalisi nonparlemen ketika sudah ada kesepakatan. Tawaran ini sebagai bentuk penghargaan IA terhadap koalisi nonparlemen ketika bergabung dengan Semangat Baru.
    "Semoga sevisi dan berjuang bersama menuju Semangat Baru dan membawa Sulsel lebih baik. Sebagai wujud keseriusan kami menyerahkan surat permohonn untuk diusung," kata Ilham kepada perwakilan 22 parpol koalisi ini.
    Ketua Devisi Komunikasi dan Publikasi DPD Demokrat Sulsel, Syamsu Rizal menambahkan pertemuan yang akan dilakukan hari ini diharapkan sudah menghasilkan kesepakatan lebih serius. "Kita kemungkinan sudah membahas hal-hal yang bersifat teknis," kata Syamsu Rizal.
    Tim Rudiyanto Asapa, Andi Sugiarti Mangun Karim yang dikonfirmasi terpisah mengakui belum ada perkembangan komunikasi dengan koalisi nonparlemen. Namun dia tetap berharap koalisi yang memiliki persentase suara 18,26 persen ini tetap ke Rudiyanto.
    "Saya belum tahu kalau ada komunikasi dengan Ilham-Aziz, karena koalisi juga tidak ada informasi. Kalau pun ada kesepakatan yang dicapai, kami juga tidak bisa halangi mereka karena itu merupakan haknya. Tapi saya tetap optimis tidak akan ditinggalkan," kata Sugiarti. (hamsah umar)
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar