Powered By Blogger

Jumat, 16 Maret 2012

PDIP Beri Sinyal Pertahankan SYL

MAKASSAR, FAJAR--DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel tampaknya masih akan mempertahankan dukungan kepada calon gubernur Incumbent, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di pilgub 2013. Ini tergambar dari pertemuan pengurus di Sekretariat PDIP Sulsel, Kamis, 15 Maret.
    Kendati ini belum menjadi keputusan resmi, namun arah dukungan PDIP sudah sangat mengarah ke SYL. Ketua DPD Golkar Sulsel ini diperkirakan masih akan mempertahankan wakilnya, Agus Arifin Nu'mang.
    Wakil Ketua DPD PDIP Sulsel, Dan Pontasik menegaskan bahwa sejauh ini secara rasional dan objektif belum ada alasan PDIP Sulsel mengoreksi atau mengevaluasi dukungan PDIP pada pilgub 2007 lalu. Ini artinya,  PDIP masih sangat menginginkan untuk mempertahankan dukungan ke pasangan Sayang.
    Kendati arah dukungan PDIP akan tetap ke SYL, kader PDIP Sulsel tetap menginginkan agar partai tetap melihat perkembangan survei sebelum memutuskan dukungan resmi. Yang pasti, kader PDIP di daerah memberikan kewenangan penuh kepada Ketua DPD PDIP Sulsel, HZB Palaguna untuk menentukan calon gubernur.
    "Namun dengan tetap mempertimbangkan saran dan masukan dari kader di daerah. Yang jelas, mungkin tidak terlalu lama lagi, PDIP akan memutuskan dukungan resminya," kata Pontasik.
    Untuk memastikan dukungan di pilgub 2013 ini, PDIP dalam waktu dekat akan melakukan survei internal terlebih dahulu untuk melihat peluang SYL memenangkan pilgub. Makanya, survei internal PDIP ini akan menjadi acuan terakhir bagi PDIP sebelum memutuskan dukungan resmi. Bisa jadi, jika survei internal PDIP menunjukkan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar yang paling berpeluang, tidak tertutup kemungkinan dukungan resmi PDIP akan ke pasangan ini.
    Yang pasti, hasil rapat belum memutuskan secara resmi apakah mendukung SYL atau Ilham-Aziz di pilgub. Kendati kecenderungan yang ada menginginkan untuk mempertahankan dukungan ke Syahrul. Partai pengusung di pilgub 2007 yang sudah mempertegas dukungannya ke Sayang adalah PDK.  
    Selain itu, PDIP juga masih memungkinkan membuka pendaftaran cagub-cawagub. Namun wacana untuk membuka pendaftaran ini belum diputuskan kapan akan dilakukan. (hamsah umar)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar