Powered By Blogger

Rabu, 21 Maret 2012

Suryadharma Bayangi Mukerwil Khusus PPP

MAKASSAR, FAJAR--Musyawarah kerja wilayah (mukerwil) khusus DPW PPP Sulsel dalam menentukan cagub yang akan diusung di pilgub Sulsel 2013, dikhawatirkan sekadar formalitas dan menjalankan mekanisme partai semata.
    Pada akhirnya, dukungan PPP Sulsel di pilgub Sulsel akan mengarah ke cagub Sulsel incumbent, Syahrul Yasin Limpo. Keputusan partai menggelar mukerwil khusus untuk memberikan kesan mekanisme partai berjalan, hanya sekadar wacana meredam konflik yang terjadi di DPW PPP Sulsel.
    Apalagi, mukerwil khusus yang diagendakan PPP ini dibayangi Ketua DPP PPP, Suryadharma Ali. Menteri Agama ini dipastikan akan hadir dalam arena mukerwil khusus PPP Sulsel mendatang. DPW PPP Sulsel menyebut, rencana menghadirkan Suryadharma itu atas keinginan kader Kakbah Sulsel sendiri.
    Kehadiran Suryadharma di arena mukerwil khusus PPP ini bukan tidak mungkin akan menjadi tekanan tersendiri bagi kader PPP, utamanya kader yang menginginkan figur diluar Syahrul.  Apalagi sejak awal pengendali mandat PPP ini sudah menginstruksikan semua kader PPP Sulsel mendukung SYL.
    Kendati mukerwil khusus PPP dibayangi Suryadharma, Ketua DPW PPP Sulsel Amir Uskara menegaskan bahwa kehadiran SDA dalam mukerwil khusus yang diagendakan PPP tidak akan membebani kader PPP. Yang pasti menurut dia, ajang mukerwil khusus ini ajak menjadi ujian apakah kader taat instruksi DPP atau tidak.
    "Kalau saya sendiri menganggap instruksi ketua itu bersifat perintah. Tapi kita tetap jalankan mekanisme partai, tinggal kita melihat apakah kader taat perintah atau tidak," kata Amir Uskara.
    Sementara itu, sejak munculnya protes terhadap instruksi Suryadharma mendukung SYL, DPW PPP Sulsel makin intens melakukan pertemuan yang terindikasi akibat perpecahan di pengurus partai yang semakin meruncing. Pertemuan sekadar membahas masalah ini sudah beberapa kali dilakukan termasuk Senin malam hingga Selasa kemarin.
    Namun perpecahan ini dibantah Amir Uskara. "Tidak ada perpecahan di PPP. Kita hanya melakukan pertemuan biasa dan konsolidasi partai. Teman-teman di daerah kan banyak juga yang kaget dengan pernyataan Pak Ketua," tandas Suryadharma.
    Adapun penilaian pengamat mengenai kisruh PPP, Amir Uskara menyatakan pihaknya tidak berniat menanggapinya. "Yang namanya pengamat tidak bisa ditanggapi. Biarkan mereka memberi pendapat karena setiap orang bisa berpendapat apapun," katanya.
    Sekretaris DPW PPP Sulsel, Aras menambahkan bahwa selain agenda mukerwil khusus, PPP juga masih akan mengundang cagub untuk bersilaturahmi dengan PPP termasuk memaparkan visi dan misinya.
    Yang pasti menurut dia, isyarat untuk mendukung SYL di pilgub Sulsel sangat kuat seiring instruksi DPP. "Tapi saya tidak bisa katakan bahwa mukerwil khusus nanti sekadar formalitas. Yang pasti bahwa mekanisme kita jalankan. Berapapun calon yang kita usulkan ke DPP, pada akhirnya keputusan ada di DPP juga," kata Aras.
    Ketua DPC PPP Takalar, Nurdin HS berharap kisruh di DPW PPP Sulsel tidak menjadikan partai terpecah. "DPW PPP Sulsel harus sama-sama bersikap bijak. Tidak perlu ada yang disalahkan," kata Nurdin. (hamsah umar)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar