Powered By Blogger

Kamis, 15 Maret 2012

Penetapan Cagub Bersamaan Bone-Palopo

    MAKASSAR, FAJAR -- Penetapan Ketua DPD Golkar Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai calon gubernur usungan Golkar diprediksi akan bersamaan dengan penetapan calon wali kota Palopo dan calon bupati Bone.   
    Wacana itu disampaikan Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Yagkin Padjalangi didampingi Sekretaris Bappilu Golkar Sulsel, La Kama Wiyaka, Selasa, 13 Maret. Proses penetapan resmi cagub maupun cabup Golkar ini paling lambat tiga bulan sebelum jadwal pilgub atau pemilukada dilakukan.
    "Agenda pilgub dan pemilukada di Bone maupun Palopo ini kan bersamaan. Sehingga kemungkinan penentuan calonnya akan bersamaan di tiga even politik ini," kata Yagkin.
    Namun wacana untuk menetapkan cagub dan calon bupati Bone dan wali kota Palopo itu bisa saja tidak bersamaan, ketika DPP Golkar berkehendak lain. Pasalnya menurut dia, keputusan penentuan calon gubernur maupun cabup dan cawali Golkar adalah DPP. Begitu juga mengenai waktunya bisa lebih awal dilakukan.
    "Kalau petunjuk partai kan jelas paling lambat tiga bulan sebelum hari H. Tapi kalau DPP yang inginkan lebih cepat ditetapkan seperti penetapan cagub di Sulsel juga bisa terjadi. Tapi kemungkinan yang ada yah bersamaan," tambah Yagkin.
    Dari tiga even politik yang dihadapi awal 2013 ini, Bone salah satu daerah dimana kader Golkar cukup bersaing khususnya antara Ketua Kosgoro Bone, Andi Baso Fahsar Padjalangi dengan putra bupati Bone Idris Galigo, Irsan Idris Galigo. Persaingan di internal Golkar ini memiliki kesamaan dengan kader Golkar Takalar dimana masing-masing ngotot ingin maju di posisi 01.
    "Tapi kita di Golkar memiliki mekanisme jelas. Salah satunya adalah melalui survei. Jadi tingkat popularitas dan elektabilitas menjadi salah satu pertimbangan Golkar menentukan sikap," tambah Yagkin.
    Untuk pilgub, kendati Golkar memastikan mengusung SYL, keputusan resmi partai hingga saat ini belum ada. Bahkan SYL baru akan mendeklarasikan diri maju sebagai cagub Sabtu mendatang.
    Sebelum deklarasi kesiapan SYL jadi cagub Sulsel di pilgub 2013 ini, Golkar dipastikan akan memamerkan kekuatan dengan melakukan pengukuhan pengurus organisasi sayap secara bersamaan yakni Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Pengurus Partai Golkar (KPPG) , dan beberapa organisasi sayap lainnya.
    Pelantikan pengurus organisasi sayap Golkar ini direncanakan di Celebes Convention Centre (CCC), pada Jumat, 16 Maret. "Akan ada ribuan pengurus organisasi sayap yang akan dikukuhkan di CCC," kata La Kama. (hamsah umar) 
     
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar