Powered By Blogger

Minggu, 18 Maret 2012

Syahrul Tes Kekuatan

*Gema Deklarasi di 1.000 Titik, Dihadiri Tokoh Nasional

MAKASSAR, FAJAR--Calon gubernur incumbent, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Sabtu, 17 Maret mendeklarasikan keinginannya maju di pilgub Sulsel 2013. Deklarasi ini menjadi ajang SYL menguji kekuatan pendukung utamanya kekuatan Golkar.
    Saat melantik organisasi sayap, badan, dan lembaga DPD Golkar Sulsel di Celebes Convention Centre (CCC), Jumat, 16 Maret, SYL dengan tegas menyatakan bahwa deklarasi yang bersifat pernyataan pribadi ini baru sekadar tes-tes kemampuan.
    "Besok (hari ini) kita akan melakukan tes-tes. Tes iman dan tes kekuatan. Adaji kah teman Syahrul dan teman Golkar. Pokoknya deklarasi kita ini baru tes-tes kekuatan," kata Syahrul.
    Dia menegaskan bahwa pilgub Sulsel 2013 mendatang tidak akan kemana-mana, ketika semua perangkat yang dimiliki partai berlambang pohon beringin ini bekerja dengan baik, termasuk organisasi sayap, badan, dan lembanganya. Makanya, saat melantik seribuan pengurus organisasi sayap SYL menyakinkan kader Golkar bahwa partai ini masih terkuat di Sulsel.
    Deklarasi sebagai ajang menguji kekuatan atau unjuk kekuatan ini cukup berdasar. Kendati panitia deklarasi hanya mengundang sedikitnya 500 orang, namun deklarasi ini akan menggema di 1.000 titik di 24 kabupaten/kota di Sulsel.  Syahrul mengaku Golkar di daerah siap mengerahkan belasan ribu kader dan pendukung mengikuti nonton bareng deklarasi politik yang cukup dinantikan masyarakat Sulsel ini.
    Beberapa daerah yang siap mengerahkan massa dalam jumlah besar untuk nonton bareng di wilayahnya itu seperti Gowa 18 ribu massa, Tana Toraja 8.000, Wajo 10.000 serta daerah lainnya. Di semua kabupaten/kota di Sulsel, tim SYL memang menggelar nonton bareng apalagi deklarasi SYL ini ditayangkan secara live beberapa stasiun TV lokal seperti FAJAR TV, Celebes TV, dan SUN TV.
    Syahrul menegaskan bahwa partai yang dipimpinnya ini merupakan partai yang cerdas, kreatif, dan bisa bersahabat dengan kelompok masyarakat lain termasuk partai penantangnya. "Tapi kalau kita sudah baik-baik kemudian ada gelombang yang terus-terus menghantam kita, kita juga punya batas kesabaran," tegas SYL.
    Sebagai partai terbesar di Sulsel, Syahrul menyatakan bahwa dirinya maupun Golkar memiliki komitmen besar untuk terus membawa rakyat Sulsel lebih baik, dan lebih sejahtera. Makanya, organisasi sayap Golkar diingatkan untuk bekerja keras untuk kepentingan masyarakat Sulsel. "Jangan kalah dengan OKP lain," imbuh Syahrul.

Dihadiri Tokoh Nasional
    Panitia deklarasi yang juga adik kandung SYL, Irman Yasin Limpo yang dikonfirmasi terpisah menegaskan bahwa nonton bareng deklarasi SYL di 1.000 titik ini berlangsung di 330 kecamatan se-Sulsel. Di Makassar sendiri ada beberapa titik termasuk di Clarion Hotel & Convention.
    "Jadi ini memang sebagai even test of the voter terhadap Syahrul. Kita memang melakukan sounding untuk melihat seperti apa penerimaan masyarakat terhadap Pak Syahrul. Dari situ, kita mungkin akan coba melihat lagi surveinya," kata Irman.
    Dalam deklarasi ini, Irman menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan ruang kepada tokoh untuk menyampaikan gambaran atau apresiasinya terhadap SYL.
    Deklarasi yang akan berlangsung di kediaman orang tua SYL, Jalan Haji Bau Makassar ini dipastikan akan dihadiri sejumlah tokoh nasional baik tokoh nasional Golkar maupun dari partai lain utamanya partai pendukung.
    Beberapa tokoh nasional yang dikabarkan akan hadir seperti Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie, Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Sutardjo, Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN AM Fatwa, putri Ketua Umum PDIP Puang Maharani, Ketua Umum DPP PPP, Surya Dharma Ali. Bahkan tiga menteri dari PAN juga dikabarkan akan hadir dalam deklarasi ini. Ini dibenarkan Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta.
    Bahkan, Ketua MPP PAN, Amin Rais juga sempat mengiyakan hadir dalam deklarasi ini namun belakangan dibatalkan karena ada agenda lain yang lebih awal telah ditentukan. Bahkan pendiri PAN ini sudah membooking tiket pesawat tapi terpaksa dibatalkan.
    Irman juga mengaku telah mengundang mantan Wapres RI Jusuf Kalla serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng namun belum ada kabar dari kedua tokoh nasional asal Sulsel tersebut. "Termasuk semua partai di Sulsel kami undang, bahkan Ketua Demokrat Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin. Mereka kita undang semua karena ini adalah deklarasi pribadi Syahrul, bukan deklarasi Golkar," tambah Irman.
    Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, HM Roem yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan adanya sejumlah tokoh nasional yang akan hadir dalam deklarasi SYL ini. "Mereka diundang sebagai tokoh yang dianggap punya kelebihan," kata Roem.
    Yang pasti, Syahrul mengundang semua tokoh atau elit partai yang mendukungnya pada pilgub 2007 lalu utamanya tokoh PAN, PDIP, PDK, dan PDS. Syahrul sendiri hingga saat ini masih optimis koalisi Sayang di pilgub 2007 tetap akan mendukungnya di pilgub 2007. "Kalau melihat perkembangan yang ada, dia tetap berada di kita," tambah Syahrul.
    Informasi yang berkembang, selain empat partai koalisi Sayang, partai lain yang juga mulai mengarahkan dukungannya ke Syahrul yakni PPP dan PKPI. (hamsah umar)             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar