Powered By Blogger

Rabu, 09 Januari 2013

Ilham: Coblos 1 Saja, Lebih Batal


MAKASSAR, FAJAR--Penantang petahana Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) mengingatkan warga Sulsel dan pendukungnya, agar pada saat pencoblosan di TPS mendatang masyarakat mencoblos dengan benar agar suara tidak sia-sia.
Caranya, warga cukup mencoblos 1 kali saja gambar pasangan cagub, karena kalau mencoblos lebih dari 1 gambar pasangan calon dipastikan suara tersebut akan batal, yang akhirnya hanya menjadi suara sia-sia. Ini diingatkan pasangan IA saat kampanye di Tongkonan Rada Palipangan, Tobarana, Kecamatan Saddang, Toraja Utara, Selasa, 8 Januari.
"Jika masyarakat mencoblos dua, tiga, atau lebih maka pasti suara batal," kata Ilham disabut riuh ribuan massa pendukung IA yang hadir.
Ilham hadir di tongkonan ini disambut bak tokoh, diberikan passapu dan sarung sebagai simbol sebagai keluarga Toraja. Sebagai kontestan, Ilham menyatakan dirinya dan Aziz terpanggil dari keinginan luhur  untuk ikut mensejahterakan masyarakat Toraja dan masyarakat Sulsel secara keseluruhan.
Salah satu tekadnya adalah menjadikan Sulsel menjadi satu rumah besar, tidak dibatasi sekat-sekat, karena terjadi pengkotak-kotakan. Majunya Sulsel, tidak lepas dari semua etnis, termasuk Toraja juga tidak lepas dari peran kaum minoritas.
Penghuni tongkonan, Nenek Sintang, mengimbau para keluarga menjadikan Ilham-Aziz gubernur 2013-2018. Tokoh lain, Samuel Mangiri mengaku mendukung dan akan memilih Ilham-Aziz karena figurnya ramah, peduli rakyat, bisa mengayomi semua kalangan, dan memiliki darah Toraja sebagai keturunan Puang Sondong dari Batu Allu, Toraja.
Selain kampanye terbuka di Toraja Utara, IA juga menggelar kampanye dialogis di Rantepao, bahkan meluangkan waktu berkunjung ke pasar tradisional. IA menyusuri pasar pagi Rantepao, yang berjarak sekitar 50 meter dari Hotel Luta, tempat Ilham menginap.
Di pasar tersebut, Ilham menyapa pedagang maupun pengunjung sekaligus berbincang mengenai banyak hal mulai kondisi pasar, omzet, hingga kenyamanan bertransaksi.
Ketua DPD Demokrat Sulsel ini sesekali berbelanja, kopi toraja, makanan ringan, dan cinderamata khas Toraja jadi tentengannya. Dari sini, IA melanjutkan ke Pasar Sentral Rantepao dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer. Beberapa pedagang dan pengunjung meminta foto bersama cagub urut 1 ini.
Di Pasar ini, Ilham menyantap songkolo dan kopi hitam khas Toraja untuk sarapan di kedai kopi Q-ta, termasuk menemui tokoh masyarakat Toraja, Fredrick Batong di Serang, Rantepao, Toraja Utara. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar