Powered By Blogger

Kamis, 03 Januari 2013

PDK Lolos, 17 Tereliminasi


MAKASSAR, FAJAR--Kesiapan infrastruktur partai politik (parpol) tampaknya tidak memadai. Dari 18 parpol yang diperintahkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) diverifikasi susulan, hanya PDK yang dinyatakan memenuhi syarat di Sulsel.
Parpol yang bersyarat dan tidak memenuhi syarat ini terungkap dalam rapat pleno hasil verifikasi 18 parpol di KPU Sulsel, Rabu, 2 Januari. PDK yang merupakan satu-satunya partai yang lolos mampu memenuhi persentase kepengurusan 95 persen, atau hanya gagal di Kabupaten Pinrang.
Dalam pleno yang dihadiri perwakilan parpol ini, juga terungkap kalau sejumlah partai ada yang sama sekali tidak mampu lolos di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Umumnya, parpol yang tidak lolos itu tidak memiliki infrastruktur partai utamanya keanggotaan yakni 1/1.000 dari jumlah penduduk.
"Dari 17 parpol yang tidak memenuhi syarat ini, ada memang yang sejak awal tidak bersedia ikut verifikasi seperti RepublikaN. Ada juga di provinsi sudah menyerahkan keanggotaannya, namun di daerah tidak ada yang menyerahkan. Mereka banyak yang tidak memiliki anggota sehingga tidak bersyarat," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari usai pleno.
Dalam proses pleno ini, beberapa pengurus parpol yang tidak lolos ini tetap melayangkan protes kepada KPU. Ada yang melihat KPU tidak cermat dalam melakukan verifikasi keanggotaan, kendati setelah melalui penjelasan KPU mereka bisa memahaminya. Dari sejumlah partai yang tidak lolos, alamat keanggotaan banyak yang tidak jelas atau hanya menyebut nama kabupaten seperti Soppeng.
Sekretaris Umum DPP PDK Sulsel, Andi Mustaman yang ditemui usai pleno menyatakan sangat mengapresiasi pengurus DPC PDK kabupaten/kota yang sudah maksimal dalam proses verifikasi ini. "Saya apresiasi bahwa teman di daerah telah melaksanakan tugas dengan baik. Dari 24 DPC di Sulsel hanya Pinrang yang tidak bersyarat," kata Mustaman.
Dengan lolosnya PDK dalam proses vertual di Sulsel, Mustaman berharap partainya bisa menjadi salah satu peserta pemilu 2014 mendatang. PDK Sulsel berharap besar provinsi lain bisa mengikuti jejak PDK yang telah memiliki infrastruktur partai yang baik. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar