Powered By Blogger

Selasa, 08 Januari 2013

Unhas Tolak Debat Malam


MAKASSAR, FAJAR--Keinginan Unhas menjadi tuan rumah debat cagub Sulsel, Jumat, 18 Januari mendatang terancam batal. Pihak Unhas menolak kalau momen penting tersebut digelar malam hari.
Jaminan keamanan terhadap pelaksanaan kegiatan ini menjadi salah satu alasan pihak Unhas tidak bersedia jadi tuan rumah sekiranya debat ini harus malam. Apalagi, kompleks Unhas kalau malam hari gelap sehingga dari faktor keamanan sangat dikhawatirkan.
Rektor Unhas, Idrus Paturusi menyatakan komunikasi dengan KPU selama ini sudah disepakati untuk menggelar debat siang hari, belakang ada keinginan untuk dilakukan malam hari. Tidak adanya garansi dari pihak Polda Sulsel maupun Kodam VII Wirabuana mengenai faktor keamanan ini membuat pihak Unhas menolak dilakukan malam hari.
"Pihak Polda bahkan Kodam tidak bisa menjamin keamanan, apalagi di Unhas itu kalau malam kan gelap sehingga sangat riskan. Kami belum tahu apakah batal atau tidak karena tadinya mau digelar siang hari. Kalau pilihan KPU memang harus malam, sudah pasti batal di Unhas," kata Idrus, Senin, 7 Januari.
Sebenarnya, kata Idrus debat cagub digelar siang hari tidak ada persoalan karena kata dia, beberapa tahun lalu Unhas pernah menggelar debat cagub di siang hari. Informasi yang diperoleh dari KPU Sulsel, keinginan mengubah jadwal debat dari siang ke malam hari ini atas permintaan pihak TV One yang akan menyiarkan langsung debat tersebut. Salah satu alasannya karena orang yang menonton televisi lebih banyak pada malam hari sehingga lebih ideal debat dilakukan malam.
Anggota KPU Sulsel, Syamsir membenarkan kemungkinan debat tersebut batal digelar di Unhas karena persoalan waktu dan faktor keamanan. "Jadi dari TV One kan berkeinginan debat dilakukan malam, sedang pihak Unhas tidak mau kalau malam dengan pertimbangan keamanan. Belum pasti juga batal, karena kalau memungkinkan digelar siang kita tetap di Unhas," kata Syamsir usai rapat persiapan debat cagub kemarin.
Khusus debat di Triple C pada 10 Januari nanti, debat tetap dilakukan sesuai rencana awal. Debat pertama ini akan disiarkan langsung oleg Metro TV serta sejumlah televisi lokal di Sulsel.
Untuk debat cagub yang akan digelar pada 18 Januari, KPU menjadwalkan akan mengundang seluruh legislator senayan asal Sulsel, termasuk tokoh-tokoh Sulsel yang ada di Jakarta seperti Ketua KKSS dan tokoh Sulsel lainnya. Begitu juga mantan gubernur Sulsel akan diundang hadiri debat cagub yang identik dengan Indonesia Lawyer Club. (hamsah umar)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar