Powered By Blogger

Senin, 05 September 2011

Pemerintah Mesti Benahi


ADANYA sejumlah titik perempatan jalan dan perlimaan jalan yang traffic light-nya rusak, sedikit membuat petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) direpotkan dalam mengatur arus lalu lintas. Titik jalan yang semestinya tidak perlu ada polisi, memaksa polisi berada di lokasi tersebut karena pengatur lampu lalu lintas tidak berfungsi.
Melihat kondisi tersebut, pihak kepolisian berharap agar pemerintah utamanya Dinas Perhubungan Makassar, secepatnya melakukan perbaikan agar lampu lalu lintas itu bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pasalnya, tidak hanya merepotkan pihak kepolisian kondisi ini juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, bahkan membahayakan jiwa masyarakat.
"Sebenarnya, undang-undang sudah mengamanatkan agar masalah traffic light yang mengalami gangguan dibenahi oleh instansi terkait seperti Dishub. Kita inginkan amat undang-undang yang ada ini kita jalankan dengan baik," kata Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Muh Hidayat.
Terkait fasilitas lampu lalu lintas di kota Makassar  yang tidak berfungsi, Hidayat menyebutkan bahwa pihaknya sebenarnya sudah melayangkan surat kepada instansi terkait, dan memberikan laporan mengenai titik jalan yang traffic light-nya rusak. Surat tersebut disampaikan kepada instansi terkait sebelum operasi ketupat 2011 dilaksanakan.
"Kita kan sebelum melakukan operasi ketupat polisi sudah melakukan survei kondisi termasuk traffic light. Fasilitas yang kita temukan rusak kita laporkan dengan harapan segera dibenahi, namun hingga lebaran bahkan sampai sekarang kondisinya tetap sama," jelasnya.
Malah pada saat gelar operasi ketupat 2011 di lapangan Karebosi, petugas dishub merupakan salah satu perwakilan yang dipasangi pita operasi, serta pihak terkait lainnya. Dari sini sebenarnya kata Hidayat instansi terkait harus sudah memahami apa yang menjadi tanggung jawabnya di lapangan.
Hidayat mengakui pihaknya tidak merasa terbebani dengan kondisi tersebut meski harus melibatkan sejumlah personil untuk mengatur lalu lintas, utamanya di perlimaan Mandai. Namun kata dia, akibat kondisi ini polisi terpaksa harus lebih lama berada di lokasi demi mengatur kelancaran arus lalu lintas. (hamsah umar)                 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar