Powered By Blogger

Rabu, 28 September 2011

Raider 700 Operasi Militer di Lae-lae


MAKASSAR, FAJAR--Sedikitnya 630 prajurit TNI dari Satuan Yonif 700/Raider akan menggelar operasi militer bukan perang di kantor Wali Kota, menara Bosowa, dan Pulau Lae-lae Makassar, Kamis, 29 September. Latihan tersebut dinamakan Latihan Pemeliharaan Raider Yonif 700.
Kepala Penerangan Kodam VII Wirabuana, Letkol Inv Sulaiman Agusto menjelaskan bahwa, operasi militer bukan perang ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis dan taktis satuan Raider, agar mamahami dan mampu melaksanakan operasi bersifat khusus seperti operasi lawan insurgensi, operasi raid pembebasan tawanan, dan operasi raid penghancuran.  
Pemeliharaan kemampuan operasi tersebut tidak hanya didarat tapi juga di laut, rawa, dan sungai. Makanya, operasi juga dilakukan di Pulau Lae-lae. "Operasi ini untuk meningkatkan kemampuan satuan dalam melakukan operasi militer selain perang," kata Sulaiman.
Sulaiman menyebutkan, ratusan prajurit Raider yang dilibatkan ini terdiri 500 prajurit latihan (4 kompi), dan 130 prajurit  pendukung latihan. Selain melibatkan ratusan prajurit, latihan ini juga melibatkan banyak sarana militer seperti kendaraan angkut, perahu karet, senjata R5, MP7, K7 Daewoo, pistol 45, dan teropong malam.
Khusus di Pulau Lae-lae berupa operasi raid penghancuran dan pembebasan sandera. Bahkan di lokasi ini, operasi dimulai pukul 04.00 dini hari. "Bertindak sebagai pemimpin umum latihan adalah Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayjen TNI Muh Nizam, sedangkan komandan latihan Komandan Yonif (Danyonif) 700 Raider, Mayor Inf Febriel Buyung Sikumbang," ujar Sulaiman.
Operasi militer bukan perang ini dalam rangka meningkatkan kemampuan Raider kata Sulaiman sudah sejak 19 September lalu. Latihan tersebut kata dia memang dibagi tiga tahapan. Tahapan drill teknis dilakukan pada 19-23 September, drill taktis antara 24-25 September, dan drill tempur 26-30 September. "Rangkaian latihan di Asmil Yanof 700, Moncong Loe, Balai Kota, Menara Bosowa, dan Pulau Lae-lae," tambah Sulaiman. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar