Powered By Blogger

Selasa, 27 September 2011

Disiplin dan Pengawasan Guru Menentukan


DUNIA pendidikan dalam hal ini lingkungan sekolah memengang peran penting, dalam mendidik dan membentuk anak didik menjadi pelajar yang berilmu. Manajemen pendidikan di sekolah yang diterapkan menjadi hal yang dinilai sangat menentukan pembentukan sikap siswa, termasuk dalam hal menghindarkan mereka berprilaku negatif.
Penerapan disiplin yang ketat di lingkungan sekolah menjadi penting, sehingga pelajar tidak mudah terpengaruh atau terjerumus untuk melakukan tindakan kriminal. Kalau disiplin di sekolah ketat plus pengawasan semua guru berjalan dengan baik, aksi kriminalitas di kalangan pelajar bisa diminimalisir bahkan mempersempit ruang gerak pelajar untuk melakukan kekerasan.
Apalagi kalau disiplin yang ketat tersebut diikuti dengan penerapan sanksi tegas terhadap pelajar yang melakukan pelanggaran,  maka dipastikan pelajar yang bandel sekalipun akan  berusaha mematuhinya. Pandangan ini setidaknya disampaikan Wakapolrestabes Makassar, AKBP Endi Sutendi.
"Penerapan disiplin dan pengawasan guru terhadap siswanya itu sangat penting untuk melakukan pencegahan. Tentu juga tidak terlepas dari pola pendidikan yang diterapkan di sekolah harus dipastikan baik. Aturan mengenai disiplin sekolah harus ditegakkan dan tidak membiarkan atau mendiamkan siswa melanggarnya," imbuh Endi.
Selain itu, peran orang tua untuk  mendidik anak dengan baik juga tetap diperlukan, utamanya setelah anak kembali dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. Meski pola pembinaan dan pendidikan anak di sekolah baik, tapi kalau tidak ditunjang dengan pembinaan anak di rumah potensi pelajar untuk melakukan tindakan kriminalitas tetap terbuka.
"Di ini diperlukan kesamaan pandang tentang bagaimana  mendidik anak di sekolah dan di rumah. Harus ada saling menunjang sehingga apa yang kita harapkan bisa terwujud dengan baik," tambahnya.
Guru maupun orang tua dalam mendidik dan membina  anak sekolah, tidak boleh merasa bosan apalagi putus asa ketika menghadapi pelajar yang sulit diatur. Malah, guru dan orang tua diharapkan lebih memperbanyak waktu dan kesempatan untuk  memberikan nasihat positif kepada siswa, agar mereka bisa terlepas dari pengaruh lingkungan yang tidak sehat. (hamsah umar)
                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar