Powered By Blogger

Kamis, 08 September 2011

Sabtu, Hasil Penelitian Diserahkan ke Wali Kota

*Soal Kebakaran Makassar Mall

MAKASSAR--Tingkat kelayakan dan kemampuan bangunan Makassar Mall, pascakebakaran Juni lalu segera mendapat kejelasan. Tim ahli dari Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin yang melakukan penelitian mengaku akan menyerahkan hasil kerjanya pada Wali Kota Makassar, Sabtu, 10 September.
    "Sebenarnya, hari ini kita jadwalkan untuk menemui wali kota sekaligus menyerahkan hasil penelitian yang kita lakukan. Namun ternyata dia sedang berada di luar Makassar, sehingga kita berharap hari Sabtu sudah ada waktunya untuk menerima kita," ujar salah seorang tim ahli Unhas, Prof Caronge, Kamis, 8  September.
    Caronge menegaskan bahwa proses penelitian terhadap kondisi fisik Makassar Mall sudah dirampungkan, bahkan penelitian terhadap gedung yang diduga terbakar karena unsur kesengajaan itu, sudah selesai sejak pertengaharan Ramadan lalu. Namun, hasil penelitian tersebut belum juga sampai di tangan wali kota karena pemerintah belum memiliki waktu untuk menemui tim peneliti.
    "Sebenarnya, pada saat Ramadan lalu kita juga berencana untuk menyerahkan hasil penelitian itu, tapi karena wali kota menjalankan umrah, makanya sampai saat ini belum kita serahkan. Hasil penelitian ini harus kita serahkan langsung kepada wali kota," tambah Caronge.   
    Kendati gambaran mengenai kondisi fisik Makassar Mall sudah ada, Caronge mengaku tidak etis membeberkan hasil yang telah diperoleh tim sebelum diserahkan terlebih dahulu kepada wali kota. "Tidak etis kita yang sampaikan hasilnya sementara belum diserahkan. Saya kira, wali kota juga nantinya akan menyampaikan hasilnya kalau sudah kita serahkan," kata Caronge.                         
    Hasil penelitian tim ahli Unhas ini sangat menentukan nasib Makassar Mall, apakah harus diserahkan kepada investor baru atau tetap diserahkan kepada investor sebelumnya untuk melakukan renovasi. Kalau kondisi bangunan tidak memungkinkan dilakukan renovasi, bukan tidak mungkin pemerintah memutuskan untuk membangun gedung baru.
    Sejauh ini, wacana untuk membangun baru gedung Makassar Mall mulai mengemuka kendati hasil pemeriksaan Unhas belum ada kejelasan seperti apa kondisinya, begitu juga penyebab kebakaran dari pihak kepolisian juga belum dilansir.
    Sementara para pedangan Makassar Mall berharap, gedung Makassar Mall tetap direnovasi bukan dilakukan pembangunan baru. Para pedagang menilai, gedung tersebut masih layak kendati sekadar dilakukan renovasi. (hamsah umar)
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar