Powered By Blogger

Kamis, 10 Januari 2013

Distribusi Surat Suara Pakai Helikopter


*Jika Cuaca Buruk

MAKASSAR, FAJAR--Proses distribusi surat suara atau pun logistik pilgub Sulsel utamanya ke wilayah pulau seperti di Selayar, Pangkep dan kabupaten lain yang memiliki pulau bakal menggunakan helikopter.
Pilihan ini bakal ditempuh KPU Sulsel jika kondisi cuaca baik hujan, angin kencang, maupun ombak tidak memungkinkan menggunakan perahu rakyat untuk mengirim surat suara ke wilayah pulau ini. Helikopter yang diwacanakan digunakan KPU mengirim surat suara tersebut milik Polda Sulsel.
"Kita lihat bagaimana perkembangan cuaca. Kalau memang saat logistik dan surat suara itu sudah harus sampai ke pulau, namun cuaca tidak mendukung kita sudah siapkan alternatif yakni menggunakan helikopter atau pun kapal milik Polair. Kita sudah komunikasi dengan mereka ketika hal ini harus kita tempuh," kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas, Rabu, 9 Januari.
Sejauh ini kata Jayadi, belum ada laporan dari KPU kabupaten/kota mengenai hambatan berarti dalam proses pendistribusian logistik. Selayar sendiri saat ini dilaporkan masih melakukan sortir karena pengiriman logistik ke daerah ini baru dilakukan pada 5 Januari lalu.
Beberapa KPU kabupaten/kota di Sulsel kata Jayadi sudah mendistribusikan surat suara dan logistik lainnya hingga tingkat kecamatan atau PPK. Daerah yang selama ini dianggap memiliki medan berat seperti Kecamatan Limbong, Seko, dan Rampi di Luwu Utara tetap terkendali. "Teman-teman di KPU Lutra mengatakan kalau mereka sudah terbiasa untuk pendistribusian logistik ke kecamatan. Kendati memang kita sadari bahwa cuaca cukup menghambat kita," papar Jayadi.
Terhadap surat suara yang rusak, Jayadi mengaku belum merinci berapa banyak karena masih ada daerah yang belum melaporkan. Namun jumlah surat suara pilgub yang rusak karena berlubang, kotor, rusak karena banjir, dan semacamnya mencapai puluhan ribu lembar. "Surat suara yang rusak dan sudah ada laporannya dari kabupaten langsung kita sampaikan ke pihak percetakan untuk diganti," lanjutnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar