Powered By Blogger

Kamis, 10 Januari 2013

Parpol Ramai-ramai Buka Diri


MAKASSAR, FAJAR--Para politisi Sulsel yang partainya tidak lolos verifikasi sebagai peserta pemilu 2014, tetap memiliki peluang besar menjadi calon legislatif (caleg) pada pileg mendatang.
Parpol di daerah ini tetap membuka diri untuk menerima politisi yang masih berminat menjadi anggota partai atau mencaleg. Apalagi mereka yang selama ini sudah memiliki basis massa atau pengaruh di masyarakat. Beberapa partai yang siap menampung elit partai yang partainya gagal ini seperti PKS, PPP, Hanura, dan partai besar lainnya.
Sekretaris Umum DPW PPP Sulsel, Muhammad Aras menyatakan PPP sebagai partai berbasis Islam tetap membuka diri terhadap tokoh-tokoh politik yang sudah tidak memiliki partai lagi. "Kami sangat siap menerima mereka, karena kita memang partai terbuka," kata Aras, Rabu, 9 Januari.
Sekadar diketahui, sejumlah partai yang cukup berpengaruh di Sulsel seperti PDK dan partai lainnya dinyatakan tidak lolos KPU sebagai salah satu peserta pemilu 2014, padahal di Sulsel partai ini cukup berpengaruh bahkan memiliki satu fraksi di DPRD Sulsel.
Ketua DPD Hanura Sulsel, Ambo Dalle juga menegaskan partainya sangat siap menampung kader-kader partai yang gagal verifikasi. Sepanjang memenuhi syarat untuk bergabung di partai ini, Hanura siap menerimanya. "Hanura partai terbuka sehingga siapa saja yang mau bergabung akan kami terima," kata Ambo Dalle.
Tapi, sikap terbuka Hanura Sulsel ini bukan tanpa syarat. Tokoh politik yang mau gabung Hanura harus tetap melalui mekanisme organisasi, utamanya ketika langsung mau menjadi caleg. "Yang utama itu adalah bagaimana kesiapan mereka untuk mengikuti aturan partai baik itu peraturan organisasi (PO) maupun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Kalau itu mampu dipenuhi saya kira siapa pun mereka akan kami terima," tandas Ambo Dalle.
Ketua Bappilu DPW PKS Sulsel, Asriadi Samad juga menyatakan kesiapan partainya menampu tokoh-tokoh politisi di Sulsel yang kehilangan partai. Bahkan dia mengaku sudah ada beberapa politisi yang sudah mengajukan diri bergabung di partai berlambang bulan sabit kembar ini. "Jadi sudah banyak yang menyatakan mau bergabung kita. Kita tentu akan terbuka untuk itu kalau mereka memang siap dan punya potensi," kata Asriadi. (hamsah umar)              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar