Powered By Blogger

Selasa, 25 Oktober 2011

Delapan CCTV Pantau Calo SIM


MAKASSAR, FAJAR--Sempat disoroti bahkan didemo mahasiswa karena dugaan praktik calo Surat Izin Mengemudi (SIM), jajaran Satlantas Polrestabes Makassar langsung berbenah. Salah satunya memasang delapan CCTV untuk memantau pergerakan calo SIM di Satlantas Polrestabes Makassar.
CCTV yang dipasang tersebut dipantau langsung oleh Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Muh Hidayat. Selain dipantau di ruang kerjanya, proses pemantauan terhadap pengurusan SIM di Polrestabes Makassar ini juga dipantau saat berada di luar kantor termasuk di rumah melalui perangkat blackberry dan Ipad. 
"Jadi CCTV ini tidak hanya bisa saya pantau dari ruang kerja, tapi juga saat saya berada di luar. Sekalipun tidak saya pantau setiap hari, rekaman CCTV ini tetap bisa saya saksikan setiap saat karena ada rekamannya," kata Hidayat.
Hidayat menyebutkan bahwa salah satu alasan sehingga Satlantas memasang delapan CCTV di wilayah pengurusan SIM, untuk mendeteksi oknum baik polisi maupun masyarakat biasa yang coba melakukan praktik percaloan dalam pembuatan SIM tersebut. Dengan CCTV ini, mereka yang terlibat percaloan akan dengan mudah dideteksi.
"Kalau ada anggota atau masyarakat yang sering lalu lalang apalagi tiap hari terlihat di wilayah pengurusan SIM, itu bisa kita pertanyakan bahkan diduga sebagai calo SIM. Makanya, orang yang setiap hari muncul akan kita tandai," kata Hidayat.
Rekaman CCTV tersebut kata Hidayat nantinya akan diputar setiap bulan dan dipertontonkan kepada masyarakat, termasuk dengan Kapolrestabes Makassar. Dia berharap dengan adanya CCTV ini, oknum yang selalu mencoba melakukan praktik percaloan SIM bisa menjadikan rekaman CCTV ini sebagai bentuk sanksi moral.
Selain untuk mendeteksi oknum polisi maupun warga yang terlibat percaloan SIM, CCTV ini juga dimaksudkan untuk memantau proses atau kinerja petugas SIM dalam melayani masyarakat, apakah sudah berjalan sesuai prosedur atau sebaliknya. (hamsah umar)                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar