Powered By Blogger

Rabu, 19 Oktober 2011

Giliran PD III MIPA Unhas Diperiksa Polisi


MAKASSAR, FAJAR--Setelah memeriksa Ketua Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unhas, Firdaus diperiksa penyidik Polrestabes Makassar kemarin, giliran Pembantu Dekan (PD) III Fakultas MIPA Unhas, Muh Sakri yang akan diperiksa, Kamis, 20 Oktober.
Humas Polrestabes Makassar, Kompol Mantasiah yang dikonfirmasi membenarkan agenda pemeriksaan terhadap Sakri oleh penyidik kepolisian. Pemeriksaan tersebut terkait tewasnya mahasiswa baru Jurusan Kimia Fakultas MIPA Unhas, Awaluddin usai mengikuti program pengkaderan maba yang diberi nama program reformasi pola sikap dan pola pikir (Progresip) atau semacam ospek.
"Hari ini (kemarin), Ketua Jurusan KIMIA Unhas kita mintai keterangan oleh penyidik. Cuma seperti apa hasil pemeriksaannya, belum karena pemeriksaannya masih berlangsung," ujar Mantasiah, Rabu, 19 Oktober.
Yang pasti, Firdaus yang diperiksa penyidik tersebut sebelumnya menegaskan bahwa pengkaderan maba Fakultas MIPA termasuk di Jurusan Kimia, tanpa sepengetahuan dirinya. Pengakuan Firdaus ini juga diungkap dalam pemeriksaan kemarin. "Makanya, agenda pemeriksaan selanjutnya terhadap PD III Fakultas MIPA Unhas, karena mungkin Firdaus ini tidak banyak tahu," kata Mantasiah.
Pemeriksaan terhadap pengelola Fakultas MIPA Unhas ini dilakukan penyidik Polrestabes Makassar, untuk menelusuri legalitas kegiatan pengkaderan yang dilakukan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) MIPA Unhas. Begitu juga jenis kegiatan yang diizinkan dalam proses pengkaderan tersebut, baik  materi dalam ruang kelas, maupun materi luar kelas seperti outbond. 
Apalagi, ada pengakuan mahasiswa baru yang menyebutkan kegiatan diluar kampus diwarnai kekerasan, serta kegiatan fisik yang cukup menguras tenaga seperti jalan merayap sepanjang 200 meter serta jalan jongkon sepanjang 200 meter.
Sejauh ini, Mantasiah menyebutkan bahwa penyidik Polrestabes Makassar baru memeriksa satu orang dari pihak kampus Unhas. Sementara dari panitia Progresif atau pengurus BEM Fakultas MIPA Unhas belum ada yang dimintai keterangan. Pemeriksaan terhadap panitia memang baru diagendakan setelah pihak pengelola Fakultas MIPA dimintai keterangan lebih awal. (hamsah umar)                    
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar